Jika Pendapatan Publisher Anjlok Fokuslah pada Trafik Pengunjung
September 13, 2017
Jika pendapatan publisher anjlok fokuslah
pada trafik pengunjung – Bukan lagi menjadi rahasia kalau publisher
adsense (Indonesia) saat ini sedang mengalami permasalahan yang hampir sama. Pendapatan
adsense mengalami penurunan drastis alias anjlok, terutama selama tahun 2017
ini.
Sejauh
pengamatan kami, permasalahan penurunan penghasilan adsense bukan disebabkan
oleh publisher adsense. Segala upaya sudah dilakukan, mulai dari optimasi blog,
artikel sampai optimasi iklan adsense itu sendiri.
Namun
apa hendak dinyana, penurunan pendapatan itu tetap terjadi. Hanya saja
porsentase penurunannya saja yang berbeda yang dialami oleh masing-masing
publisher adsense.
Sebagai
salah seorang publisher adsense, kami mengira penurunan eranings adsese
disebabkan oleh anjloknya nilai biaya klik iklan (BPK). Saat ini BPK berkisar
antara $ 0,01 – 0,03. Padahal sebelumnya rata-rata BPK berkisar antara $ 0,05 –
0,07. Putus asakah dengan kondisi seperti ini?
Tentu
saja tidak. Jika nilai BPK rendah maka perhatian difokuskan pada peningkatan
lalu lintas pengunjung (trafik pengunjung) ke blog. Upaya ini cukup beralasan. Semakin meningkat trafik pengunjung semakin
besar peluang (probabilitas) peningkatan jumlah klik iklan.
Trafik pengunjung jelas esensinya dalam bermain adsense. Betapa bagus optimasi iklan
adsense namun belum berarti banyak jika trafik masih rendah. Ini dengan catatan
faktor blog dan konten sudah optimal.
Seperti
sudah kita ketahui bersama, agar trafik blog meningkat perlu update artikel
secara kontinyu dan konsisten. Dengan catatan, sudah dilakukan optimasi
terhadap artikel postingan tersebut.
Apa
yang kita harapkan dengan fokus perhatian seperti itu? Kalau sudah diarahkan
perhatian pada peningkatan trafik pengunjung, diharapkan penurunan penghasilan
tidak terjadi secara drastis.
Rilnya,
jika sebelumnya pageview rata-rata
15.000 per hari, jumlah klik 50 dan rata-rata BPK $0.07 per hari berarti
earnings rata-rata adalah $3.5 sehingga bisa payout tiap bulan.
Ketika
nilai BPK turun, maka fokus perhatian kita adalah trafik pengunjung. Bagaimana
trafik pengunjung meningkat sehingga pageview akan meningkat, probalbilitas klik juga
meningkat.
Misalnya,
pageview meningkat sampai 25.000 perhari. Bagaimana peluang klik? Bisa jadi
mencapai 75 klik perhari dengan nilai BPK rata-rata hanya $0.03. Maka eraning
per hari adalah sekitar $2,25 per hari. Itu artinya payout sekali dua bulan.
Telah
terjadi penurunan sekitar $1,25 per hari sehingga kemungkinan payout menjadi
sekali 2 bulan. Ah, tak apa-apa barangkali payout diperlambat dari tiap bulan
menjadi sekali dua bulan.
Dapat
disimpulkan, penurunan pendapatan adsense bagi publisher tak dapat dihindari.
Namun yang perlu diupayakan adalah memusatkan perhatian pada peningkatan trafik
pengunjung sehingga peluang jumlah klik iklan semakin besar.
Perhatian
difokuskan pada upaya update artikel postingan secara konsisten dan kontinyu.
Selain itu perlu juga promosi gencar (jangan terlalu gencar) pada situs media sosial
yang ada.
Mudah-mudahan
share ini menjadi bahan inspirasi bagi kita semua khususnya sesame publisher
adsense. Semoga.***