5 Ciri Guru yang Sukses dalam Mengajar
Oktober 19, 2017
5 Ciri guru yang sukses dalam mengajar – Semakin
tidak mudah untuk menjadi seorang guru yang sukses mengajar di tengah era
milenium sekarang. Padahal, beberapa dekade belakang, menjadi guru sukses itu tidak
begitu rumit.
Ada
apa gerangan dengan era milenial ini? Dinamika perkembangan zaman menjadi
tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan di sekolah maupun di lingkungan
keluarga.
Perkembangan produk teknologi informasi dan komunikasi membuat guru
(termasuk orangtua) harus berpikir keras untuk menghadapi anak terutama pada
usia sekolah.
A.Kemajuan produk teknologi
Peserta
didik tidak semata mengharapkan informasi pengetahuan dari lembaga sekolah.
Mereka dapat mengakses informasi tersebut dengan mudah melalui gadget dan
perangkat lainnya.
Materi
pelajaran yang akan diterangkan oleh guru esok hari akan dapat diakses oleh
anak hari ini.
Semua disiplin ilmu dari berbagai mata pelajaran sudah tersedia
di internet. Melalui gadget dan
perangkat akses lainya, peserta didik bisa memperoleh semua itu dengan mudah.
Kemajuan
produk teknologi akan menyebabkan guru tidak dapat lagi mengandalkan dirinya
sebagai sumber informasi satu-satunya bagi anak didik.
Oleh sebab itu para guru
juga harus menggeser perannya dari seorang pengajar menjadi seorang pembelajar
sekaligus motivator belajar.
Guru
perlu memanfaatkan produk teknologi komputer dan jaringan untuk belajar dan
mengakses sejumlah pengetahuan untuk ditranfer ke peserta didik.
Kemajuan
produk teknologi juga mengharuskan guru untuk mendorong anak belajar serta
menyediakan fasilitas untuk belajar.
Fasilitas belajar tidak hanya fasilitas
fisik di sekolah. Lebih luas adalah memberi kemudahan atau jalan bagi anak
untuk mengakses informasi pengetahuan sesuai dengan disiplin ilmu yang
diajarkan.
B.Batasan sukses mengajar
Hakikat
guru sukses mengajar di era milenial jauh beda dengan era sebelumnya. Dulu,
guru sukses mengajar itu sering dimaknai sanggup mengelola kelas dengan baik.
Siswa belajar dengan tenang di ruang kelas.
Melipat
tangan di atas meja. Serius mendengar penjelasan guru di depan kelas.Tidak ada
yang membuat keonaran di kelas.
Tidak ada yang berani membantah guru. Apalagi
minta permisi meninggalkan kelas dan tidak kembali.
Akan
tetap dalam praktiknya sekarang, guru yang mampu seperti itu akan sulit
ditemui. Kalau pun ada, itu pun terjadi pada sekolah yang berlabel unggul atau
favorit.
Bagaimana dengan sekolah reguler yang berada di pinggiran kota, di
pedesaan atau di daerah terpencil sekalipun?
Ini
menjadi tantangan tersendiri bagi guru yang benar-benar berminat jadi guru
sejak awal.
Tantangan disini adalah tantangan menarik yang perlu dihadapi dan
dijalani oleh guru tersebut dengan sejumlah kompetensi tertentu.
C.Ciri guru sukses mengajar
Guru
yang sukses mengajar bersifat relatif. Sukses adalah aspek kualitas yang tak
mungkin dilabeli dengan angka pasti.
Oleh sebab itu, berdasarkan batasan sukses
mengajar di era sekarang, maka ciri guru sukses dalam mengajar dideskripsikan
sebagai berikut:
1.Dapat beraudiensi dengan siswa
Di
lingkungan sekolah, kadang-kadang guru tidak lagi sempat untuk beraudiensi
dengan peserta didik karena kesibukan dan keterbatasan waktu.
Selain karena
jumlah jam mengajar yang banyak, guru juga disibukkan dengan perangkat
pembelajaran. Semua aktivitas ini menyita waktu dan energi guru.
Selain
dari kesibukan guru, ada pula penyebabnya karena keengganan siswa untuk
beraudiensi dengan gurunya.
Aktivitas siswa juga tak kalah padatnya di sekolah.
Waktu tersedia untuk beraudiensi dengan guru juga terbatas.
Kalau
pun ada siswa dan guru terlihat beraudiensi, itu pun karena anak bermasalah
dengan guru tersebut selama pembelajaran. Bertukar pikiran dan diskusi umumnya
tidak sempat lagi.
Oleh
sebab itu, salah satu ciri guru yang sukses mengajar adalah guru yang memiliki
kesempatan berkomunikasi dua arah dengan audiensnya.
Tema belajar dalam kelas
ikut terbawa dalam percakapan antara guru dan siswa di luar ruang kelas.
2.Mengelola kelas dengan efektif
Dinamika
pergaulan sosial siswa akan terbawa-bawa ke dalam ruangan kelas. Obrolan siswa
kadang-kadang tidak ada kaitannya dengan pelajaran di sekolah.
Hal itu tidak
mustahil terbawa ke ruang kelas ketika guru sedang mengajar.
Ketika
guru menjelaskan pelajaran, siswa juga asyik ngobrol dengan teman terdekat
tempat duduknya.
Yang lebih serius lagi justru siswa membuat keonaran sehingga
kelas menjadi riuh.
Maka
ciri guru sukses mengajar adalah siswa yang mampu mengelola kelas dengan
efektif.
Mengelola kelas dengan efektif artinya menciptakan suasana kelas yang
bisa mendukung terlaksananya pembelajaran dengan optimal.
Simak juga: Strategi Mengelola Kelas dengan Baik
3.Menggunakan multi-metode
Pembelajaran
yang berlangsung di ruang kelas tidak cukup menggunakan satu metode saja
sebagaimana lazimnya ditulis guru dalam perangkat mengajarnya.
Yang perlu
diperhatikan adalah bagaimana karakter materi pelajaran yang yang akan
diajarkan. Artinya, metode yang digunakan sesuai dengan karakter materi
pelajaran.
Selain
karakter materi pelajaran, karakter siswa pun perlu dipahami oleh guru. Justru
yang lebih penting adalah bagaimana karakter peserta didik yang dihadapi. Kenapa?
Karakter materi bersifat konstan, artinya dapat diprediksi dan bersifat tetap.
Namun karakter siswa bersifat berubah.
Sering
guru merasa kecolongan karena metode mengajar tidak sesuai dengan yang ditulis
dalam perangkat mengajar.
Guru memaksakan agar metode tersebut ter;laksana.
Namun kondisi pembelajaran tidak memungkinkan. Suasana kelas cukup gerah
sehingga siswa gelisah di dalam kelas.
Oleh
sebab itu ciri guru sukses mengajar adalah guru yang mampu mengadopsi berbagai
metode (multi-metode) dalam pembelajaran.
Guru tidak terikat oleh metode yang
tertulis di buku perangkat mengajar.
4.Optimis dan antusias mengajar
Sulit
menemukan seorang guru yang tidak pernah menghadapi kendala dalam mengajar.
Hal
ini mengisyaratkan bahwa mengajar itu tidak luput dari berbagai permasalahan.
Permasalahan
itu berasal dari diri guru sendiri maupun dari luar dirinya. Permasalahan dari
diri guru antara lain kemampuan berbahasa, berkomunikasi dan penguasaan materi
pelajaran.
Sementara
itu, permasalahan dari luar diri guru antara lain keterbatasan sarana dan
prasarana penunjang pelajaran, karakter peserta didik dan kebijakan pimpinan di
tingkat sekolah.
Oleh
sebab itu guru sukses mengajar adalah guru yang selalu optimis dan antusias
dalam menghadapi peserta didik. Ini adalah unsur penting dimiliki guru
di samping kompetensi (kemampuan) lainnya
5.Evaluasi terhadap kemajuan mengajar
Ciri
guru sukses terakhir yang akan dibahas adalah guru yang selalu mengevaluasi
hasil pekerjaannya.
Evaluasi disini bukanlah evaluasi terhadap proses dan
hasil belajar siswa. Menilai hasil pekerjaan siswa setelah ujian.
Evaluasi
terhadap pekerjaannya adalah sejauh mana keberhasilan pembelajaran yang
dijalankan guru serta hasil yang diperoleh.
Setelah
evaluasi adalah tindak lanjut hasil evaluasi kinerja guru. Jika teknik dan
metode mengajar yang digunakan guru ternyata kurang efektif maka berikutnya
guru akan mencoba teknik dan metode lain.
Nah,
proses evaluasi seperti itu lebih dikenal dengan penelitian tindakan kelas
(PTK).
Guru melaksanakan PTK seyogyanya tidak semata untuk memenuhi kebutuhan
administrasi kenaikan pangkat/jabatan ke tingkat yang lebih tinggi.
Justru
setiap guru akan melaksanakan kegiatan PTK dalam rangka evaluasi terhadap
pelaksanaan mengajar sekaligus evaluasi perkembangan belajar siswa.
Untuk
melengkapi bacaan, mungkin perlu disimak yang ini!
Baca juga : Tujuan dan Manfaat PTK Bagi Guru