Mengapa Kerbau Suka Berkubang di Lumpur?

Mengapa kerbau suka berkubang di lumpur? – Kerbau merupakan hewan ternak atau piaraan dari golongan mamalia yang bertubuh besar. Ternyata hewan ini memiliki kebiasaan unik. Kerbau suka berkubang di lumpur atau berendam dalam air.

Hal ini bertujuan untuk mengurangi pengaruh panas (kalor) pada tubuhnya. Ada apa dengan tubuh kerbau?

Kenapa hewan piaraan menyusui lain dari hewan , seperti sapi, kuda dan sapi tidak suka berendam atau berkubang di lumpur?

Hary Delfingra SPd, kontributor matrapendidikan.com mengirim gambar kawanan ternak kerbau  untuk memperkuat penjelasan dalam artikel pendidikan ini. Beberapa kawanan kerbau sedang berkubang di lumpur hitam yang pekat.

Secara alamiah, kerbau memang termasuk hewan ternak yang tidak tahan dengan panas atau cuaca panas. Kerbau memiliki kulit di seluruh permukaan tubuhnya berwarna gelap.

Seperti dalam konsep materi pelajaran fisika, warna benda gelap cepat menerima dan menyerap kalor atau panas. Dengan warna kulit gelap, penerimaan dan penyerapan panas lebih cepat sehingga mempengaruhi suhu tubuh kerbau.

Salah satu cara mengurangi pengaruh panas terhadap tubuhnya, kerbau secara alamiah akan mencari perlindungan  terpengaruh oleh suhu yang tinggi sehingga akan mencari tempat berair atau berlumpur.

Misalnya berusaha untuk berkubang di lumpur atau berendam di air. Jika dihubungkan dengan konsep biologi, kebiasaan unik kerbau dengan berkubang atau berendam termasuk adaptasi tingkah laku.***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel