Uniknya Ikan Buntal Air Tawar Ini

Uniknya ikan buntal air tawar ini – Pernahkah anda mendengar nama ikan buntal? Kalau belum, berikut ini disajikan tentang ikan buntal dan keunikan ikan tersebut. Ikan buntal tidak hanya terdapat di laut. Di air tawar atau payau, seperti sungai, danau dan telaga, juga terdapat ikan buntal.

Seperti apa bentuk ikan buntal air tawar? Gambar ikan buntal di atas diperoleh melalui seorang rekan, Hary Delfingra, S.Pd yang hobi memancing dan memanah ikan di sungai.Ikan ini tidak lazim dikonsumsi, entah karena dagingnya tipis atau zat yang dikandung tubuhnya tidak baik bagi kesehatan. 

Penjala ikan atau pemancing ikan di sungai tidak mau mendapatkan ikan buntal. Namun kadang-kadang ikan ini sering terperangkap jala lempar atau tersangkut pada mata kail pancing.

Ikan ini termasuk salah satu ikan air tawar yang berperilaku unik. Dapat mengubah volume atau ukuran tubuhnya. Pada gambar di atas, ikan buntal sedang berubah volume tubuhnya menjadi besar dan bulat seperti bola besar dengan kulit kasar..

Saat bebas berenang di air, ikan buntal bertubuh normal. Namun ketika tersentuh atau terperangkap jala lempar atau tersangkut pada mata kail, tubuh ikan ini berubah jadi besar. Kulitnya yang semula licin nampak kasar ketika mengubah ukuran tubuhnya untuk menggembung. Konon ini karena kemampuannya menghisap udara dan air.

Barangkali tingkah laku ikan buntal tersebut sebagai salah satu cara beradaptasi dengan lingkungannyan untuk  mempertahankan kelangsunga hidupnya. Perilaku tersebut dapat mankut-nakuti sang predator yang akan memangsanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel