Aktif Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah, Baca Tips Ini

Aktif kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, baca tips ini – Apakah anda termasuk siswa yang aktif dalam berbagai kegiatan di sekolah? Baik kegiatan belajar intrakurikuler maupun ekstrakurikuler? Jika ia, mungkin anda perlu membaca tips ringan berikut ini dari awal sampai tuntas.

Kegiatan ekstrakurikuler di sekolah bertujuan untuk pengembangan diri siswa. Selain itu juga untuk menyalurkan bakat dan kemampuan siswa sesuai bidang kegiatan yang diadakan di sekolah.
 Simak : Manfaat Kegiaatn Ekstrakurikuler
Namun demikian, siswa yang aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah perlu memperhitungkan berbagai hal.

Karena kegiatan ini dilaksanakan setelah belajar tatap muka maka otomatis siswa akan terlambat pulang ke rumah.

Waktu siswa berada di sekolah akan bertambah, bahkan biaya akomodasi juga bertambah.

Nah, berikut ini ada 3 tips ringan bagi siswa yang aktif dalam berbagai kegiatan di sekolah:

1.Perlu kondisi tubuh yang prima

Seorang siswa aktivis perlu berusaha untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap prima.

Hal ini bertujuan agar siswa dapat mengikuti proses belajar tatap muka (intrakurikuler) dan aktivitas lainnya dengan baik.

Kegiatan belajar intrakurikuler membutuhkan konsentrasi maksimal agar dapat belajar dengan baik. Dapat menerima dan memahami materi pelajaran.

Jika konsentrasi siswa buyar atau gagal fokus dalam belajar maka diperkirakan prestasi belajar siswa akan menurun.

Konsentrasi belajar siswa, salah satunya ditentukan oleh kondisi tubuh. Tubuh yang sehat akan mendukung upaya siswa untuk fokus terhadap kegiatan pembelajaran. Tubuh membutuhkan energi yang cukup untuk beraktivitas di sekolah.

Oleh sebab itu siswa perlu mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang dan istirahat yang cukup di rumah agar tubuh tetap dalam kondisi prima.
Baca juga : Tips Ampuh Agar Siswa tetap Sehat Belajarpun Bersemangat

2.Membagi waktu dengan baik

Bagi siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, akan membutuhkan waktu lebih dari biasanya. Para siswa aktivis di sekolah akan terlihat agak lebih sibuk dibanding siswa lainnya.

Sibuk mengikuti pelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Bukan berarti siswa akan santai belajar di rumah. Sama seperti siswa lainnya, seorang siswa aktif di sekolah akan memiliki tugas dan kewajiban belajar di rumah.

Selain itu mungkin juga ikut membantu pekerjaaan orangtua di rumah.

Seorang siswa yang aktif di sekolah akan dapat mengatur waktu dengan baik. Membagi waktu untuk belajar dan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.  Mengatur waktu di rumah, antara belajar, bermain, istirahat atau membantu orangtua.
 Simak juga : Cara Siswa Pintar membagi Waktu

3.Berpandai-pandai dengan orangtua

Kenapa siswa aktivis harus berpandai-pandai dengan orangtua? Kegiatan di sekolah tidak hanya butuh waktu dan tenaga tetapi juga butuh sejumlah dana lebih dari biasanya. Dana itu digunakan untuk jajan dan, mungkin juga iuran siswa di sekolah dalam kegiatan ekstrakurikuler-nya.

Untuk hal ini siswa perlu berterus terang kepada orangtua, meminta izin dan restu pada untuk mengikuti  kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Sehingga orangtua pun memahami dan mendukung kegiatan siswa di sekolah.
 Simak juga : Siswa Tetap Ramai Indikasi Kegiatan Ekstrakurikuler Tetap Jalan
Jadi, siswa aktivis di sekolah perlu menjaga kesehatan sehingga kondisi tubuh tetap prima. Kemudian mengelola waktu dan tenaga dengan baik serta berkomunikasi dengan orangtua di rumah.***


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel