Siswa Jaman Now Perbanyak Waktu Belajar
Maret 27, 2018
Siswa jaman now perbanyak waktu belajar – Perkembangan
teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini. Secara faktual telah banyak
membawa perubahan terhadap pola kehidupan manusia di tengah masyarakat. Tidak
terkecuali dengan pola kehidupan anak di lingkungan sekolah.
Hal
tersebut mendatangkan kekhawatiran pihak sekolah, orangtua maupun pemerintah.
Apalagi dengan munculnya terminologi kids
jaman now, yang menggambarkan trend dan kebiasaan anak yang cenderung
berdampak kurang menguntungkan bagi perkembangan anak itu sendiri.
Sebagai
contoh, siswa kagum dengan model rambut yang ditampilkan di media cetak,
elektronik dan jaringan.
Akibatnya banyak siswa yang meniru model rambut aneh tersebut
meskipun itu tidak sesuai dengan peraturan berpenampilan di sekolah..
Bangga
melanggar aturan yang ditetapkan sekolah maupun aturan pengguna lalu lintas. Padahal
kebanggan tersebut akan merugikan diri siswa itu sendiri mengingat mereka masih
dalam proses pendidikan.
Betah
berlama-lama duduk di depan televisi dan sibuk dengan gadget yang dimiliki
ketimbang membaca buku pelajaran sekolah. Ini adalah beberapa contoh sederhana
yang menggambarkan kids jaman now yang kurang menguntungkan.
Hal
senada juga disampaikan Ropi’u, S.Pd, Waka Kesiswaan SMPN 2 Lintau Buo saat
menjadi pembina upacara bendera di sekolah tersebut, Senin (26/03/18).
“Sebagai
seorang anak, para siswa memang butuh waktu untuk bermain. Bahkan tidak hanya
anak yang perlu bermain, orangtua pun perlu bermain.
Hanya saja, sebagai siswa
janganlah terlalu banyak bermain. Jangan banyak menghabiskan waktu untuk
hal-hal yang belum berguna bagi siswa. Sebaliknya perbanyak waktu untuk belajar
dan kurangi waktu untuk bermain,” kata Ropi’u, S.Pd.
Himbauan
tersebut cukup beralasan mengingat siswa tingkat terakhir suatu jenjang
pendidikan (SD/MI, SMP/MTs/SMA/K/MA) akan menghadapi ujian akhir dalam waktu
yang cukup dekat.
Bahkan minggu ini, siswa tingkat terakhir tersebut sedang dan
akan menghadapi ujian try out di sekolah masing-masing.***