5 Strategi Jitu Pembelajaran Fisika di Ruang Kelas
Juni 19, 2018
5 Strategi jitu pembelajaran fisika di ruang kelas – Konsep pelajaran fisika disajikan bersama biologi dan
kimia secara terpadu dalam mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) di
jenjang SMP/Sederajat. Di kelas VII,
pembelajaran IPA diawali dengan materi fisika sementara di kelas VIII dan IX
dimulai dengan materi biologi.
Materi
pelajaran fisika umumnya dianggap sulit oleh sebagian siswa.
Siswa terlanjur
berpikir kalau fisika itu sebagai materi pelajaran rumus. Pemikiran seperti ini
sering berawal dari strategi pembelajaran yang dijalankan guru di ruang kelas.
Baca juga : Mengapa Fisika Itu Dianggap Sulit?
Berangkat
dari masalah tersebut, guru perlu menyiasatinya dengan baik sehingga
pembelajaran berjalan lancar dan menyenangkan di ruang kelas.
Berikut disajikan
alternatif strategi cukup jitu dalam pembelajaran IPA Fisika di ruang kelas.
1.Ciptakan suasana nyaman
Suasana
nyaman dan menyenangkan adalah modal awal untuk membelajarkan siswa di ruang
kelas.
Oleh sebab itu langkah awal bagi guru sebelum memulai mengajar adalah mempersiapkan
suasana dan kondisi kelas dengan baik.
Suasana
nyaman ini berawal dari kondisi ruang kelas yang bersih dan rapi. Namun
demikian belum cukup tanpa diiringi suasana psikologis, yaitu komunikasi dan
sosial yang menggairahkan antara guru dengan siswa saat memulai pembelajaran.
Suasana
fisik dan psikis di ruang kelas yang menyenangkan cenderung menggiring siswa
untuk siap menerima materi pelajaran dengan antusias, tanpa tekanan dan beban.
2.Mulai dengan konsep faktual
Guru
sering terjebak dengan konsep formulasi sehingga memulai lebih cepat
pembelajaran dengn rumus sesuai dengan skedul pembelajaran yang tertuang dalam
perangkat pembelajaran.
Semestinya
skedul tersebut dapat dimodifikasi sehingga di awal-awal pembelajaran guru
mengubahnya menjadi konsep-konsep faktual yang tidak lepas dari rumus materi
pelajaran.
Rumus fisika itu kebanyakan berasal dari konsep faktual dari
pengalaman sehari-hari kehidupan manusia.
Oleh
sebab itu siasati pembelajaran dengan mengetengahkan konsep faktual yang sesuai
dengan struktur kognitif dan pengalaman siswa sehari-hari.
Ini akan mempermudah
siswa untuk mengarahkan pikirannya untuk mengaitkan materi pelajaran dengan
fakta kehidupan sehari-hari.
Baca juga : Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Fisika
3.Sesuaikan dengan kemampuan berpikir
siswa
Kadang-kadang
materi tertentu bersifat abstrak dan sulit dicerna oleh pikiran siswa.
Strategi
guru adalah membuat materi abstrak tersebut menjadi faktual melalui penjelasan
verbal maupun media pembelajaran.
Penyampaian
materi pelajaran fisika kepada siswa disesuaikan dengan pola dan kemampuan
berpikir siswa.
Bahasa verbal yang digunakan oleh guru tidak terlalu abstralk
melainkan dapat dicerna sesuai kemampuan berpikir siswa.
4.Kesimpulan uraian materi pelajaran
Kesimpulan
materi pelajaran merupakan intisari dari uraian materi pelajaran. Hal ini
sangat penting diberikan oleh guru di akhir pembelajaran.
Jika ada materi yang
memiliki rumus perlu disampaikan di
akhir pembelajaran sebagai kesimpulan dari uraian materi pelajaran.
5.Seimbangkan pemberian tugas
Jika
memerlukan tugas, guru perlu memberikan tugas tersebut secara proporsional.
Soal tugas dimulai dari soal mudah, sedang dan rumit.
Tugas ini bertujuan untuk
meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang sudah diberikan.
Simak juga : Strategi Memberi PR Kepada Siswa
Demikianlah
5 alternatif strategi dianggap jitu dalam menyampaikan materi pembelajaran
fisika di ruang kelas. Semoga bermanfaat terutama bagi guru yang mengalami
hambatan dalam pembelajaran fisika.***