5 Istilah Populer dalam Penilaian Kurikulum 2013
Juli 03, 2018
5 Istilah populer dalam penilaian kurikulum 2013 – Sebelum
memulai tugas mengajar untuk Tahun Pembelajaran 2018/2019 ada baiknya diingat
kembali istilah yang digunakan dalam penilaian Kurikulum 2013 (Kurtilas/K.13).
Pembahasan pada artikel pendidikan ini hanya sekadar untuk menyeragamkan
penggunaan istilah dalam penilaian oleh guru di sekolah.
Seperti
diketahui penilaian adalah serangkaian proses untuk mengukur ketercapaian
kompetensi siswa.
Proses tersebut dilaksanakan secara berkesinambungan dalam
proses belajar. Tujuannya untuk memantau kemajuan maupun perbaikan hasil
belajar siswa.
Merujuk
pada Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Revisi
Kurikulum 2013, ada beberapa istilah yang sering digunakan dalam kegiatan
penilaian oleh guru di sekolah:
1.Ketuntasan Belajar Minimal(KBM)
KBM
adalah kriteria pencapaian ketuntasan minimal pada satu atau dua kompetensi
dasar. Sebagai contoh, ketuntasan mata pelajaran IPA pada kompetensi dasar 1
adalah 65.
Setelah
diadakan ulangan pada kompetensi dasar tersebut, siswa memperoleh nilai 65 atau
menguasai materi pada kompetensi dasar tersebut 65%. Siswa tersebut sudah
memenuhi ketunasan belajar minimal.
Sebelumnya
digunakan istilah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang tertuang dalam
permendikbud Nomor 53 Tahun 2015.
Jika Anda ingat, istilah ini sudah pernah
digunakan sebelumnya seperti pada KTSP (Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan)
atau kurikulum 2006. Ada juga yang menggunakan istilah SKBM (Syarat Ketuntasan
Belajar Minimal).
2.Penilaian Harian(PH)
Kegiatan
pengukuran pencapaian kompetensi siswa secara berkala setelah menyelesaikan
satu atau lebih kompetensi dasar.
Penilaian harian lebih kompleks dan tidak
hanya sebagai ujian.
Sebelumnya
dikenal dengan istilah UH (Ulangan Harian). Semacam kegiatan yang dilakukan
untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa dan dijadikan acuan sebagai prestasi
belajar.
3.Penilaian Tengah Semester(PTS)
Kegiatan
pengukuran pencapaian kompetensi siswa setelah melaksanakan beberapa minggu
kegiatan pembelajaran.
Penilaian mencakup seluruh indikator pada KD
tersebut. Sebelumnya UTS (Ujian Tengah
semester)
4.Penilaian Akhir Semester(PAS)
Kegiatan
pengukuran pencapaian kompetensi siswa di akhir semester ganjil/gasal atau
semester genap.
Mencakup seluruh indikator pada semua KD. Sebelumnya digunakan
istilah UAS (Ujian Akhir Semester). PAS untuk semester gasal/ganjil dan
semester genap
5.Penilaian Akhir Tahun (PAT)
Sebelum
PAT digunakan istilah UKK (Ujian Kenaikan Kelas). PAT terdiri dari materi soal
pada semester ganjil (25%) dan semester genap (75%). Kenaikan kelas ditentukan
oleh PAT
Simak juga : Mekanisme Sistem Penilaian dalam Pendidikan
Demikian
5 istilah penilaian yang dilakukan oleh guru dalam kurikulum 2013.***