Telaah Singkat Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Juli 29, 2018
Telaah singkat kompetensi inti dalam kurikulum 2013 – Permendikbud
Nomor 24 Tahun 2016 Tentang KI dan KD Revisi Kurikulum 2013 pada jenjang
Pendidikan Dasar dan Menengah. Permendikbud tersebut mengatur seluk-beluk
Kompetensi Inti (Ki) dan Kompetensi Dasar (KD) dalam Kurikulum 2013.
Kompetensi
adalah seperangkat kemampuan yang harus dikuasai atau dimiliki oleh siswa
setelah melalui proses pembelajaran.
Dalam kurikulum 2013, kompetensi terbagi 2
yaitu kompetensi inti dan kompetensi dasar.
Untuk
keperluan pembahasan, berikut ini disajikan kutipan Kompetensi Inti dan
Kompetensi Dasar untuk mata
pelajaran IPA kelas IX jenjang SMP/MTs:
Kompetensi Inti
1.1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,gotong royong) santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
1.3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
1.4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkrit (menggunakan,mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
1.1.Mengagumi keteraturan dan ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1.Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif, jujurteliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggungjawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan, dan berdiskusi.
2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
2.3.Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam menggunakan energi secara hemat dan aman serta tidak merusak lingkungan sekitarnya.
2.4.Dst
#Analisa kompetensi inti
Kompetensi
Inti, disingkat Ki adalah tingkat kemampuan untuk mencapai standar kelulusan
(SKL) setiap jenjang, tingkat kelas atau mata pelajaran.
Pada hakikatnya Ki
adalah operasional dari standar kelulusan (SKL)
yang mencakup aspek pengetahuan, sikap dan tingkah laku serta
keterampilan motorik.
a.Ki
1= sikap spiritual/keagamaan seperti kompetensi inti poin (1.1)
b.Ki
2= sikap sosial, seperti kompetensi inti poin (1.2)
c.Ki
3 = penegetahuan, seperti kompetensi inti poin (1.3)
d.Ki
4 = keterampilan, seperti kompetensi inti poin (1.4).
Ki 1
dan Ki 2 (sikap spiritual dan sikap sosial) dapat dicapai melalui pembelajaran
tidak langsung (indirect learning) yaitu melalui keteladaan, pembiasaan, dan
budaya sekolah,dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta
kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Semua mata pelajaran, termasuk IPA harus mendukung tercapainya kompetensi inti. Namun kompetensi Inti bukan diajarkan melalui terintegrasi melalui mata pelajaran pada materi tertentu yang relevan.
Setiap mata pelajaran harus mendukung tercapainya kompetensi inti. Kompetensi Inti (Ki) terdiri dari 4 bagian;
#Analisa kompetensi dasar
Kompetensi
dasar (KD) adalah kemampuan dan materi pelajaarn minimal pada setiap mata
pelajaran di satuan pendidikan untuk mencapai kompetensi inti melalui
pembelajaran. Setiap KD terdiri dari aspek kogniti,afektif dan psikomotor
Kompetensi
dasar 1.1 merupakan kemampuan untuk mewujudkan Ki 1
Kompetensi
dasar 1.2 merupakan kemampuan untuk mewujudkan ki 2
Dst.
Berdasarkan
uraian di atas dapat disimpulkan bahwa :
1.Kompetensi
inti tidak diajarkan melainkan terintegrasi secara tidak langsung dalam
pembelajaran.
2.Kompetensi
inti mengacu pada Standar kelulusan (SKL) sedangkan kompetensi dasar mengacu
pada kompetensi inti.
3.Kompetensi
inti sebagai dasar penyusunan kompetensi dasar
4.Kompetensi
inti tidak terikat pada suatu mata pelajaran namun kompetensi dasar terikat
pada mata pelajaran.
Simak juga : Integrasi Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pembelajaran
Demikianlah telaah singkat tentang hubungan kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam pembelajaran kurikulum 2013.***