Pentingnya Pemetaan Potensi Sekolah
Agustus 03, 2018
Pentinya pemetaan potensi sekolah – Menurunnya
peserta didik yang mendaftar dan diterima pada suatu sekolah tidak seratus
porsen karena menurunnya mutu sekolah tersebut. Masih banyak faktor lain
berpengaruh di samping aspek mutu tentunya. Kecenderungan warga masyarakat di
wilayah sekolah berada juga menentukan.
Sebagai
contoh, misi pemerintah daerah atau kecamatan berorintasi pada pembentukan
masyarakat yang Madani atau menjadikan masyarakatnya menjadi masyarakat hafizh
Al Qur’an.
Warga
masyarakat akan cenderung melirik madrasah sebagai tempat pendidikan anaknya.
Meskipun demikian sekolah umum bukan berarti tidak sanggup menjembatani misi
tersebut.
Meskipun
di sekolah umum terbatas alokasi belajar keagamaan, justru kegiatan kokurikuler
dan ekstrakurikuler dapat menjembatani kekurangan tersebut.
Membaca dan memahami peta potensi sekolah
Sekolah
umum perlu menjawab tantangan dengan membenahi kondisi ril di sekolah. Kemudian
memprogramkan kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan program pemerintah daerah
dalam pendidikan.
Sekolah
juga perlu membaca dan memahami kecenderungan warga masyarakat dimana sekolah
berada. Penegakan disiplin sekolah memang perlu ditingkatkan namun berorintasi pada penegakan disiplin
semata akan membuat sekolah akan tertinggal.
Menjawab
tantangan dimaksud, sekolah perlu mengedepankan program kegiatan pembelajaran inklusif.
Di samping terus mengupayakan proses pembelajaran dan pembimbingan, kegiatan
ekstrakurikuler juga perlu menjadi perhatian utama pihak sekolah.
Oleh
sebab itu komuniats sekolah perlu memetakan kembali potensi yang dimiliki
sekolah. Pimpinan sekolah perlu memetakan potensi sumberdaya manusiawi dan
lingkungan sekolah. Hal itu dilakukan dengan konsep manajerial, kewirausahaan
dan supervisi terhadap pendidik dan tenaga kependidikan.
Begitu
pula halnya dengan pendidik dan tenaga kependidikan. Pendidik perlu memetakan
kembali bagaimana potensi peserta didik, potensi sarana dan prasarana
pendukung.
Melalui
pemetaan potensi oleh pimpinan sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan akan
dipeeeroleh bagaimana peta potensi yang dimiliki sekolah.
Berangkat
dari hasil pemetaan potensi itu, pimpinan sekolah, pendidik dan tenaga
pendidikan dapat menyusun rencana program dan melaksanakannya dalam rangka menggenjot
mutu sekolah.
Simak juga : Menggenjot Mutu Pendidikan di Sekolah
Tentu
saja, penyusunan program tersebut perlu melibatkan orangtua/wali murid bersama
komite sekolah sesuai mekanisme dan prosedur yang berlaku."***