Tips Ringan dalam Mengelola Kelas Buat Guru PL

Tips ringan dalam mengelola kelas buat guru pl – Beberapa jam sebelum artikel ini diturunkan, penulis telah melaksanakan kolaborasi pembelajaran dengan guru PL (Praktek Lapangan) di sekolah. Kolaborasi ini melibatkan penulis (guru IPA) dengan kolaborator (guru PL) mata pelajaran Matematika, Anita Marlina dan Fitri Turyani.

Ilustrasi gambar (freepik.com)

Guru PL dalam kolaborasi pembelajaran ini bertindak sebagai supervisor kecil-kecilan. Maksudnya, guru PL mengamati dan menilai bagaimana penulis mengajar di ruang kelas.

Pengamatan ditujukan terutama pada pengelolaan kelas saat pembelajaran berlangsung.

Kolaborasi dengan guru mata pelajaran lain atau yang serumpun sangat bermanfaat bagi guru PL. Dengan kolaborasi ini guru PL dapat menimba dan memperkaya ilmu pengetahuan serta wawasan dalam mengelola kelas saat mengajar.

Proses kolaborasi antara penulis dan guru PL berlangsung alamiah. Artinya berlangsung apa adanya tanpa rekayasa.

Para guru PL mau mengadakan supervisi dan penulis tidak keberatan untuk menerima kehadiran para guru PL tersebut.

#Bukan perkara mudah

Mengelola kelas, bukanlah pekerjaan yang mudah. Sebuah kelas diisi oleh sekian murid dengan karakter dan kemampuan yang berbeda.

Dinamika pembelajaran di ruang kelas, benar-benar menuntut strategi dan metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi murid di kelas bersangkutan.

Barangkali, belum ada guru yang benar-benar dapat menguasai kelas dengan baik mengingat dinamika sosial siswa kekinian. Namun demikian upaya ke arah itu masih terus dipersiapkan dengan segala strategi dan metode..

Menyiapkan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang aplikabel adalah langkah yang cukup penting.
Boleh jadi apa yang diharapkan guru tidak sesuai dengan kenyataan. RPP yang disusun sedemikian rupa akan tetap menjadi benda mati belaka.

Tidak berpotensi apapun dalam proses pembelajaran, apalagi mengubah intelektual, sikap dan tingkah laku serta psikomotorik siswa.

RPP menjadi persiapan teknis bagi guru dalam menjalankan kegiatan mengajar di ruang kelas. Persiapan teknis dalam bentuk tertulis ini akan memandu segala bentuk kegiatan mengajar dan belajar.

RPP yang aplikabel diharapkan akan dapat memberi ‘ruh’ kepada pembelajaran.

Selain dari persiapan tertulis, corak pembelajaran yang dijalankan guru juga akan menentukan pengelolaan kelas dalam pembelajaran.

#Tips mengelola kelas

Untuk mengelola kelas dan memberi makna kepada RPP yang telah dirancang oleh guru PL, berikut disajikan tips ringan buat guru PL

1.Kondisikan semua siswa dengan baik
Kondisikan semua siswa dengan baik secara fisik maupun psikis, termasuk siswa yang terlambat masuk ke dalam kelas. Sebelum siswa benar-benar siap jangan memulai mengajar.

Kalau ada murid yang terlambat, berhenti sejenak mengajar. Perhatikan siswa yang terlambat. Ajak untuk mengikuti pelajaran dengan baik.

Kalau tidak, boleh jadi siswa yang terlambat ini berpotensi untuk mengganggu proses pembelajaran dan menyulitkan pengelolaan kelas.

2.Serius tapi santai
Mulailah mengajar dengan serius. Bila sudah berhasil menggiring siswa dalam suasana demikian, atur irama pembelajaran menjadi santai kemudian serius lagi, dan begitu seterusnya.

Kalau serius melulu siswa akan ngantuk atau bosan mengikuti pelajaran. Makanya perlu juga pembelajaran diselingi dengan homor dan intermezo sebagai penyegaran bagi siswa.

3.Posisi berdiri ketika mengajar
Ketika mengajar, guru perlu mengatur posisi berdiri. Ini bertujuan untuk mengendalikan siswa keseluruhan. Jangan itu ke itu saja siswa yang menjadi pusat perhatian guru.

Selain itu guru jangan terlalu sering membelakangi siswa karena menulis di papan tulis. Sebaliknya guru guru menulis dengan posisi menyamping sehingga siswa dapat terpantau.
Itu saja tips mengelola kelas buat guru PL. Semoga sukses dalam mengelola kelas. Dan jika ditemui kendala tentu dapat berkolaborasi dengan semua guru di sekolah tempat prakek mengajar.***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel