Nikmati Investasi Online Jangka Panjang Melalui Blog

Nikmati investasi online jangka panjang melalui blog – Bagaimana cara membuat blog dan cara mendapatkan uang melalui blog? Inilah dua pertanyaan menggelitik hati yang sering diajukan oleh siswa maupun rekan kerja saya secara offline maupun online. Oleh sebab itu pada kesempatan ini saya akan mencoba mengupasnya secara sederhana dalam konteks pendidikan blog dan blog pendidikan..

Ilustrasi blog sebagai investasi online (pixabay.com)

Jika anda mengunjungi sebuah blog dan melihat beberapa tayangan iklan, misalnya iklan adsense, berarti blog tersebut telah menjadi media investasi secara online bagi pemiliknya (blogger).

Pemilik blog telah menjalani proses dan memetik hasil investasinya dalam waktu jangka panjang. Mulai dari membuat blog, mengisi blog tersebut dengan artikel postingan sampai memonetisasi blog tersebut.

Namun perlu anda ingat, semua itu butuh waktu dan proses yang memerlukan keterampilan, kesabaran dan ketekunan  Dan, anda sendiri pun akan mampu melakukannya.

Media investasi online

Memang, blog merupakan salah satu media investasi online yang banyak digemari oleh para blogger. Itu berarti blog dapat dijadikan sebagai salah satu cara menabung dan menghasilkan uang dalam jangka panjang. Melalui blog anda tanamkan atau kumpulkan modal kemudian petik hasilnya dikemudian hari.

Sebenarnya modal penting yang ditanamkan pada blog adalah ilmu pengetahuan dan media pengumpul uang. Ilmu pengetahuan yang anda kuasai kemudian ditulis berupa artikel postingan.  Iklan yang dipajang atau ditayangkan adalah media investasi penghasil uang.

Anda pasti menguasai ilmu pengetahuan tertentu dan semua itu anda tulis dan muat di blog sehingga dikunjungi dan dibaca orang lain. Kemudian dengan memasang iklan, semisal adsense, pengunjung berkemungkinan besar mengklik iklan tersebut jika menarik hatinya.

Proses investasi online di blog

Apa yang ditanam hari ini tidak mungkin dipanen esok atau lusa. Filosofis ini juga berlaku untuk blog yang diharapkan dan diandalkan sebagai ladang investasi. Lanjut, kita mulai membuat blog!

1.Membuat blog
Hari ini anda membuat blog, itu adalah langkah awal. Membuat blog itu gampang dan butuh waktu tak lebih lima menit. Dengan catatan, anda sudah memiliki akun google atau gmail.
2.Mengisi blog
Setelah blog jadi anda harus mengisinya dengan artikel postingan. Buat artikel dengan materi yang benar-benar anda kuasai.

Mulailah dengan topik ringan artikel demi artikel kemudian posting secara berkala. Satu artikel per hari, per dua hari atau per minggu namun untuk blog baru sebaiknya minimal satu artikel sekali dua hari.

3.Optimasi blog
Optimasi blog bertujuan untuk mendatangkan visitor traffic (lalu lintas pengunjung) ke blog. Langkah ini memudahkan pengunjung untuk menemukan dan mengunjungi blog melalui mesin pencari yang mereka gunakan (seperti google, yahoo, ask,dll).

Optimasi pada blog pada hakikanya adalah pengelolaan blog agar bersahabat dengan berbagai search engine (mesin pencari) sehingga mudah ditemukan oleh pengguna mesin pencari tersebut.
4.Monetisasi blog
Kesabaran dan ketekunan anda akan diuji manakala sampai pada proses monetisasi blog. Kenapa tidak?

Anda perlu menunggu dengan sabar sampai waktu tertentu. Masa tunggu ini anda manfaatkan untuk mendatangkan pengunjung (visitor) sebanyak mungkin. Tidak banyak artinya jika blog anda sepi pengunjung, termasuk dalam memonetisasi blog.

Biasanyanya masa tunggu anda berkisar antara 6 bulan sampai setahun dengan jumlah artikel di blog 30 sampai 50 artikel. Ini tergantung pada ketekunan dan kesabaran anda dalam mengelola blog serta mengupdate postingan blog.

Sebelum memonetisasi blog, misalnya bekerja sama dengan bisnis online google adsense, anda perlu membaca dan memahami persyaratan yang ditentukan oleh pihak google adsense.

Jika anda merasa sudah cukup waktu menunggu dengan jumlah artikel meadai silahkan anda monetisasi blog anda. Daftarkan blog anda melalui google adsense sebagai penyang (publisher0 adsense.

Perlu diketahui bahwa pendaftaran menjadi publisher adsense juga memerlukan waktu dan proses. Pihak adsense akan memproses dan mereview blog anda sampai waktu yang tidak ditentukan.

Jika anda beruntung, dengan pengertian blog anda pantas menjadi penayang iklan adsense maka anda akan menerima ‘surat cinta’ dari pihak google adsense, bahwa anda diterima sebagai publisher adsense.

Artinya, blog anda diterima sebagai penayang iklan adsense  dan memperoleh earnings (penghasilan).

Sebaliknya, jika lamaran anda ditolak jangan putus asa dulu. Lakukan pembenahan di blog menyangkut persyaratan blog penayang adsense. Kemudian daftarkan kembali ke pihak adsense. Anda harus gigih jika selalu ditolak setelah membenahi blog anda.

5.Nikmati investasi blog
Setelah semua proses investasi online  melalui blog selesai, anda tinggal menunggu hasil kerja keras anda selama ini. Modal tenaga dan pikiran yang anda kerahkan selama ini dengan penuh kesabaran dan ketekunan akan anda petik.

Nah, betul juga filosofi ini dalam berinvestasi online melalui blog.. Jika anda menanam tanaman hari ini, anda perlu menunggu waktu dengan penuh kesabaran, ketekunan dan kerja keras.
Sebagai penutup artikel ini, jika anda sudah lama berminat untuk membuat blog dan menjadikannya sebagai investasi online jangka panjang. Belum terlambat dan mulailah dari sekarang. Sebab waktu itu berjalan begitu cepat dan tanpa terasa. Semoga.

(Catatan: Artikel ini didedikasikan untuk memperingati hari ulang tahun blog Matra Pendidikan yang ke- 6, tanggal 18 februari 2019.)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel