Resep Onde-onde Rasa Jadul Ala Buk Arnis

Resep onde-onde rasa jadul ala buk arnis – Konon, penganan kue onde-onde sudah ada sejak zaman Majapahit. Namun onde-onde khas minang jaman dulu (jadul) juga punya ciri khas. Penganan ini berbentuk seperti bola, terbuat dari tepung beras atau singkong yang berisi gula merah dan dilumuri dengan kelapa parutan. Ini yang disebut onde-onde rasa jadul dalam sajian kita kali ini.

Penampakan onde-onde rasa jadul bebas dari zat aditif (Arnis,S.Pd/ matrapendidikan.id)

Onde-onde rasa jadul ini terbuat dari beras yang ditumbuk menggunakan alu dan lesung, pewarna menggunakan pandan suji (pandan musang), isinya gula merah dan dilumuri parutan kelapa, maka onde-onde rasa jadul ini tidak akan membosankan.

Namun perkembangan berikutnya, onde-onde sudah mengalami variasi terutama pada bahan-bahannya, seperti bahan tepung beras ketan putih, berisi kacang hijau atau kelapa dan bagian luar dilapisi biji wijen.

Ada onde-onde kacang hijau, onde-onde kelapa, dan lain sebagainya. Onde-onde seperti ini disebut sebagai onde-onde moderen.

Bahan-bahan :

1.Tepung beras 300 gr
2.Gula merah 150 gr
3.Daun pandan suji beberapa helai
4.Kelapa paruh tua ½ butir
5.Garam secukupnya
6.Vanili bubuk secukupnya

Cara membuat :

1.Haluskan daun pandan suji dengan sedikit air kemudian saring airnya yang sudah berwarna hijau.
2.Larutkan garam dan vanili secukupnya ke dalam air pandan suji. Kemudian masukkan beras tepung dan diaduk sampai merata dan membentuk adonan berwarna hijau.
3.Ambil adonan secukupnya dan pipihkan sehingga dapat meletakkan isian gula merah yang diiris tipis. Kemudian tutup kembali dan bulatkan dengan tangan sehingga membentuk bola.
4.Lakukan cara nomor (3) sampai semua adonan telah terbentuk menjadi bulatan-bulatan.
5.Didihkan air dan masukkan onde-onde sampai onde-onde merapung dalam air rebusan.
6.Angkat onde-onde dan tiriskan sampai kering.
7.Gulingkan onde-onde ke dalam parutan kelapa.
8.Onde-onde rasa jadul siap disajikan.

Demikianlah bahan dan cara membuat onde-onde rasa jadul. Onde-onde ini tidak akan membuat anda bosan untuk mencicipinya. Selain itu onde-onde rasa jadul ini terbebas dari zat aditif. (Kiriman : Arnis, S.Pd)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel