Kebiasaan Siswa Melanggar Aturan dan Disiplin Sekolah

Kebiasaan siswa melanggar aturan dan disiplin sekolah – Peraturan dan disiplin sekolah bertujuan untuk menciptakan keserasian dan kenyamanan siswa belajar di sekolah. Namun demikian masih ada siswa yang memiliki kebiasaan untuk tidak mematuhi aturan dan disiplin tersebut.

Kebiasaan buruk siswa melanggar aturan dan disiplin sekolah juga terungkap oleh Triyanda Putra SPd saat memberikan pencerahan dalam kegiatan muhadharah rutin di sekolah tersebut, Jumat (23/8/19).

Guru muda mata pelajaran PJOK SMPN 2 Lintau Buo itu menyorot aturan dan disiplin yang sering dilanggar siswa adalah disiplin waktu, berpakaian seragam dan perilaku dalam berkendaraan bermotor roda dua.

“Masih ada siswa yang suka mengulur-ulur waktu untuk memulai belajar dan melaksanakan kegiatan sekolah, seperti muhadharah ini,” papar Triyanda Putra SPd.

Lebih jauh guru yang masih lajang ini berharap tidak ada lagi guru yang harus menjemput siswa ke kantin atau ke tempat parkir ketika bel sudah berbunyi pertanda jam belajar atau kegiatan sekolah di lapangan sudah dimulai.

Kebiasaan buruk lainnya yang ditunjukkan siswa adalah melanggar aturan berpakaian seragam.

Pakaian seragam harian siswa di sekolah sudah diatur sedemikian rupa, termasuk berpakaian dalam mata pelajaran olahraga.

“Siswa seharusnya mengenakan kostum olah raga saat mengikuti pelajaran olah raga di dalam kelas maupun di lapangan,” tegas Triyanda Putra SPd di hadapan majelis guru, tenaga administrasi, mahasiswa PPL IAIN Batusangkar dan siswa peserta muhadharah.

Triyanda Putra SPd juga sangat menyayangkan kebiasaan siswa dalam mengendarai motor.

“Menggeber-geber gas motor, apalagi mengangkat setang motor di depan kantor majelis guru atau di gerbang sekolah adalah tindakan ‘kurang ajar’ ditunjukan oleh siswa.

Oleh sebab itu saya berharap kepada anak-anak saya untuk tidak mengulangi lagi kebiasaan yang tidak baik tersebut,” ujar Triyanda Putra SPd berharap.***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel