Pawai Alegoris Itu, Apa dan Bagaimana?

Pawai alegoris itu, apa dan bagaimana? – Pawai alegoris tidak hanya diadakan pada setiap perayaan 17 Agustusan. Namun pada iven-iven tertentu dapat pula diselenggarakan, tergantung pada momen dan tujuan pawai alegoris itu diadakan.

Siswa kelas 7 SMP menampilkan alegoris profesi, tradisi dan budaya (matrapendidikan.com)

Sebenarnya pawai, kegiatan arakan panjang yang diikuti banyak orang dengan tampilan sesuai misinya dan dipertontonkan kepada umum.

Misalnya sepanjang jalan kampung atau sepanjang jalan raya. Namun akhir-akhir ni, orang sering menggabungkan kata pawai dengan alegoris sehingga menjadi pawai alegoris.

Lantas, pawai alegoris itu apa? Itulah pertanyaan yang mungkin muncul di pikiran pengunjung. Tadi pengertian pawai sudah dibahas, sekarang arti kata alegoris.

Alegoris merupakan kata sifat. Menurut KBBI, alegoris adalah kiasan, perlambangan atau ibarat.

Dalam pelajaran bahasa Indonesia ada majas alegori, yaitu gaya bahasa yang menggunakan penggambaran atau kiasan untuk menerangkan sesuatu.

Karena menggunakan kiasan atau perbandingan maka majas alegori termasuk majas perbandingan. Bagaimana dengan pawai alegoris?

Pawai alegoris berarti arak-arakan panjang yang diikuti oleh banyak orang dan dilangsungkan atau dipertunjukkan di muka umum.

Biasanya pawai alegoris ini menampilkan berbagai jenis tampilan kostum, properti dan model yang mengkiaskan berbagai profesi, seni dan budaya, sejarah dan lain sebagainya.

Demikianlah sajian ringan tentang apa dan bagaimana pawai alegoris yang sering kita saksikan dalam setiap iven-iven tertentu, seperti 17 Agustusan, peringatan kelahiran suatu kota dan kabupaten serta peringatan bersejarah lainnya.***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel