Unik, Pelepah Kelapa ini Mirip Ular Kobra

Unik, pelepah kelapa ini mirip ular kobra – Foto pelepah kelapa tua mirip ular kobra berjalan di tanah ini viral di grup facebook SIM-PKB. Foto yang diunggah oleh Elvis Elviandri, S.Pd., seorang kepala sekolah di SMPN 4 Sorolangun, Jambi ini banyak mendapat tanggapan dari anggota SIM PKB.

Apa yang menarik dari ‘ular-ularan’ dari pelepah kelapa ini? Jika anda kelahiran dekade tahun 80-an atau setelahnya, kemungkinan ini hanya sekadar gambar unik belaka bagi anda.

Namun anda yang lahir dekade sebelumnya dan akrab dengan benda ini akan senyum-senyum kecil. Kenapa?

Pelepah kelapa mirip ular kobra seperti ini menjadi salah satu alat permainan tradisional seluncuran di lereng semasa kecil. Alat ini menjadi ‘kendaraan’ untuk berseluncur di bukit kecil yang landai.
Baca juga : Permainan Masa Kecil yang Tak Terlupakan
Bagian kepala ‘ular-ularan’ ini menjadi tempat bertumpu kedua kaki sang ‘sopir’. Biasanya pelepah kelapa sepanjang ini, dapat memuat dua atau tiga teman sebagai penumpang. Lebih dari itu tidak bisa duduk karena ekor ‘ular-ularan’ ini makin ke ujung makin kecil.
Itulah salah satu permainan tradisional anak-anak tempoe doeloe yang sangat mengasyikkan, saat gembala sapi atau kambing.***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel