Pengelolaan Kelas, Kunci Sukses Mengajar
September 22, 2019
Pengelolaan kelas, kunci sukses guru
dalam mengajar – Apa kunci utama kesuksesan guru dalam
mengajar di ruang kelas? Jawabannya mungkin akan berbeda-beda, tergantung
pengalaman masing-masing guru. Bahkan yang bukan guru sekali pun dapat
memberikan jawabannya.
Ilustrasi gambar (pexels.com)
Menurut
hemat penulis, kunci utama sukses guru mengajar di ruang kelas adalah
pengelolaan kelas.
Dengan asumsi, jika guru dapat mengendalikan dan mengelola
kelas dengan baik maka pembelajaran akan berlangsung efektif dan efisien.
Jika
dibandingkan dengan satu atau dua dekade ke belakang, mengajar murid saat ini
jauh lebih tidak mudah.
Artinya, guru sering mengalami hambatan di ruang kelas
lantaran dinamika sikap dan perilaku siswa semakin meningkat dan sulit
terkendali seiring dengan kuatnya pengaruh teknologi dan informasi serta
produknya.
Sebagai
deskripsi belaka, betapa bagusnya persiapan mengajar tertulis yang sudah dibuat
guru namun menjadi berantakan karena mengajar di kelas dengan kondisi kelas tidak kondusif.
Semua persiapan, psikis
dan tertulis menjadi buyar karena kesulitan dalam mengelola kelas.
Oleh
sebab itu wajarlah kalau masalah pengelolaan kelas menjadi vital dan penentu
kesuksesan guru mengajar di ruang kelas.
Antisipasi dan tindakan mendadak
Mengelola
kelas berarti menciptakan suasana belajar dan mengajar kondusif di ruang kelas.
Strategi dan teknik, bahkan gaya mengajar yang diterapkan guru ikut memengaruhi
suasana kelas yang kondusif.
Dengan
kata lain, strategi, teknik dan gaya mengajar dapat mencegah timbulnya perilaku
menyimpang siswa dalam pembelajaran.
Dalam
mengelola kelas saat pembelajaran berlangsung, kadang-kadang diperlukan upaya
antisipasi dan tindakan mendadak.
Hal
ini memang tidak tertuang dalam Rencana Pembelajaran (RP) namun harus dilakukan
guru manakala terjadi perilaku menyimpang oleh siswa yang dianggap nakal atau
pengganggu.
Antisipasi
dan tindakan mendadak dari guru hendaknya tidak menyita banyak waktu
pembelajaran sehingga waktu demi waktu pembelajaran dapat berlangsung sesuai
rencana tertulis yang dibuat guru.
Inilah yang disebut dengan antisipasi dan
tindakan mendadak yang efektif.
Lihat juga : 5 Tips Jitu Agar Guru Dapat mengajar Lebih Efektif
Sudah
cukup banyak teori pengelolaan kelas yang kita baca namun perlu diterapkan
secara berangsur-angsur. Mengapa demikian?
Mengajar termasuk keterampilan dan
itu memerlukan pembiasaan, latihan dan eksperimen secara kontinyu. Boleh jadi
suatu saat kita akan menemukan sendiri sense
of managing in the class. Semoga.***