Wisuda Tahfiz Juz 30 Berlangsung Meriah di Gedung Pertemuan Lintau Buo

Wisuda tahfiz juz 30 berlangsung meriah di gedung pertemuan kecamatan lintau buo – Sebanyak 59 siswa SD dan SMP se-Kecamatan Lintau Buo mengikuti prosesi wisuda tahfiz juz 30 yang bertempat di Gedung Pertemuan Kecamatan Lintau Buo, Pangian, Sabtu (30/11/19).

Admin matrapendidikan.com sengaja terjun ke arena Gedung Pertemuan Lintau Buo di Pangian mendapatkan info bahwa wisuda tahfiz tahun 2019 ini merupakan yang ke- 3 kalinya.

Acara wisuda tahfizh yang ke- 3 yang berlangsung meriah ini merupakan kerja sama pemerintah Kecamatan Lintau Buo dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah datar.

“Kerja sama pihak kecamatan dengan dinas pendidikan, pak,” ujar Si Handayani SPd didampingi Noviar Astati SPd kepada admin matrapendidikan.com saat bincang ringan sebelum acara dimulai.

Acara wisuda tahfiz dihadiri oleh Camat Lintau Buo Drs. Agusril, pejabat dari Dinas Pendidikan Tanah Datar, Dedek Supardana SE, kepala sekolah, guru Tahfiz dan guru PAI se- Kecamatan Lintau Buo.

Waspadai pengaruh gadget

Camat Lintau Buo Drs. Agusril dalam sambutan awalnya menggambarkan suasana Gedung Pertemuan Kecamatan Lintau Buo yang nyaman dan sejuk karena perindangan oleh tumbuhan.

“Kondisi seperti ini sangat cocok untuk belajar bagi anak. Tidak mungkin anak dapat belajar dengan baik, termasuk membaca dan menghafal al Qur’an dalam suasana panas dan bising,” ujar camat Agusril.

Lebih jauh Drs. Agusril mengingatkan kembali para orangtua wisudawan/wati juz 30 untuk mengawasi anak dari kecanduan bermain game.

Namun ia menyadari hal itu tidak mudah dilakukan oleh orangtua untuk saat ini.

“Saya menyarankan kepada bapak/ibuk orangtua wisudawan/wati untuk membuat aturan yang jelas dan tegas tentang penggunaan gadget oleh anak. Ini kita lakukan agar waktu anak tidak terlalu banyak untuk bermain game sebaliknya meningkatkan waktu belajar dan menghafal Al Qur’an,” saran Drs. Agusril.

Widudawan/wati tahfiz 59 siswa

Sebelumnya ketua pelaksana Lomba Tahfiz dan Wisuda Tahfiz ke- 3 Kecamatan Lintau Buo Tahun 2019, Desrima Putra, SPd.I melaporkan bahwa wisuda tahfiz kali ini sebanyak 59 siswa dari tingkat SD dan SMP se-Kecamatan Lintau Buo.

“Wisudawan/wati kali ini berasal dari siswa SD sebanyak 47 orang dan SMP sebanyak 12 siswa sehingga seluruhnya berjumlah 59 orang,” papar Desrima Putra SPd.I.

Desrima Putra SPd.I juga mengungkapkan kalau pelaksanaan Lomba Tahfiz dipisahkan dengan Wisuda Tahfiz  dalam dua hari agar cukup waktu untuk menyelenggarakan masing-masing kegiatan.

Pemenang lomba tahfiz juz 30.

Usai prosesi wisuda dilanjutkan dengan pengumuman dan penyerahan hadiah kepada pemenang Lomba Tahfiz juz 30 tingkat SD dan SMP se-Kecamatan Lintau Buo.

Pemenang Lomba Tahfiz tingkat SD adalah:
*Juara   I:.M.Zuhuri (SDN 08 Tigo Jangko),
*Juara II: Aisyah Nafiul C (SDN 10 Tigo Jangko)
*Juara III : Hilmiyah Zakiya (SDN 04 Buo).

Sedangkan Pemenang lomba Tahfiz tingkat SMP adalah:
*Juara   I: Putri Oktria Lusiana (SMPN 3 Lintau Buo)
*Juara  II: Izatul Jannah (SMPN 2 Lintau Buo)
*Juara III: Nessa Alifiah (SMPN 1 Lintau Buo)

Sementara itu Rocestry SPd.I MPd, Pembina Tahfiz sekaligus guru PAI SMPN 2 Lintau Buo berkomentar terhadap hasil yang diperoleh anak binaannya sedikit menurun.

"Memang hasil yang diraih anak tahun ini, menurun satu tingkat dari tahun kemarin namun hal itu dapat dimaklumi,pak." tutur guru jebolan Pascasarjana UNP ini.

Pawai keliling 

Rangkaian kegiatan wisuda tahfiz juz 30 siswa SD dan SMP se-kecamatan Lintau Buo  diawali dengan Pawai Keliling atau arak-arakan calon wisudawan/wati diiringi dengan peserta lomba tahfiz, orangtua calon wisudawan/wati.

“Hal ini bertujuan untuk menyemarakkan pelaksanaan kegiatan wisuda tahfids juz 30,” ujar salah seorang Pembina Drumband Elfianti SSn. kepada admin matrapendidikan.com saat berbincang ringan disela-sela melepas pawai.
Dua grup Drumband yang ikut memeriahkan kegiatan pawai keliling tersebut, masing-masing drumband SMPN 1 Lintau Buo dengan guru pembina Nofrianti SPd dan Drumband SMPN 2 Lintau Buo dibawah binaan Elfianti SSn.***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel