Materi Pelajaran IPA SMP/MTs Kelas 9`Semester Ganjil dan Genap
Januari 01, 2020
Materi pelajaran ipa smp/mts kelas 9 semester ganjil dan genap – Bagi siswa kelas 9 SMP/MTs dan ingin mencari informasi tentang materi IPA
yang akan dipelajari pada semester ganjil dan genap. Tentu sangatlah tepat berkunjung disini karena akan disajikan konsep materi yang bakal dipelajari selama di kelas 9.
Materi ini sesuai dengan Kurikulum
2013 Edisi revisi 2018. Ada 10 konsep materi yang akan dipelajari selama 2 semester.
Semester 1.
1.Sistem Reproduksi Manusia
2.Sistem Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan
3.Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup
4.Listrik Statis dalam Kehidupan sehari-hari
5.Listrik Dinamis dalam Kehidupan Sehari-hari.
Semester 2
6.Kemagnetan dan Pemanfaatannya
7.Bioteknologi
8.Partikel Penyusun Benda
9. Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan
10.Teknologi Ramah Lingkungan.
Khusus untuk semester 2 juga disajikan poin-poin materi setiap konsepnya, yaitu.
1.Kemagnetan dan Pemanfaatannya
a.Sifat
magnet
b.Cara
membuat magnet
c.Kemagnetan
bumi
d.Induksi
elektromagnetik
e.Transformator
f.Produk
teknologi yang memanfaatkan kemagnetan
g.Pergerakan navigasi
hewan yang memanfaatkan medan magnet
2.Bioteknologi dan Produksi Pangan
a.Prinsip
dasar bioteknologi
b.Bioteknologi
konvensional
c.Bioteknologi
modern
d.Penerapan
bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia
3.Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup
a.Sifat Bahan
b.Atom,
ion dan molekul
c.Sifat
bahan
d.Pemanfaatan
bahan dalam kehidupan sehari-hari
e. Pengaruh
bahan terhadap kesehatan
4.Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan Makhluk
a.Peranan
tanah untuk keberlanjutan kehidupan
b.Peranan
organisme dalam tanah
c.Proses
pembentukan tanah
d.Komponen
penyusun tanah
5.Keberlansgungan Kehidupan dan Teknologi Ramah Lingkungan.
a.Teknologi
ramah lingkungan
b.Aplikasi
teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan
c.Teknologi
tidak ramah lingkungan
Itulah review pokok-pokok materi
pelajaran IPA Kelas 9 SMP/MTs untuk dijadikan panduan belajar di sekolah maupun
di rumah.
Dengan mengetahui materi yang akan dipelajari di sekolah siswa dapat
membaca terlebih dulu materi yang akan dipelajari sehingga nyambung dalam
proses pembelajaran di sekolah.***