Cara dan Langkah Mudah Membersihkan Mainboard Komputer

Cara dan langkah mudah membersihkan mainboard komputer – Sampai saat ini masih banyak orang yang menggunakan komputer pribadi (personal computer) di samping perangkat portabel lainnya seperti laptop dan notebook. Perangkat komputer memang tidak bersifat portable sehingga ditaruh di ruang khusus di rumah.

Oleh karena komputer pribadi (kompi) bersifat statis, tidak dapat dibawa kemana-mana, besar kemungkinannya menjadi kotor oleh debu.

Debu yang menempel di perangkat komputer tidak boleh dibiarkan karena akan merusak komponen-komponen komputer terutama sekali bagian dalam komputer.

Debu yang menempel pada bagian hardware fan processor semakin banyak mempengaruhi putaran fan menjadi tidak stabil sehingga processor komputer akan cepat panas. Ini akan membuat komputer menjadi hang atau lag.

Meskipun seorang pengguna komputer masih awam dengan perangkat komputer, bukan mustahil untuk dapat membersihkannya sendiri tanpa harus membawanya ke tempat service komputer. 

Misalnya membersihkan bagian komponen mainboard atau motherboard komputer. Bagaimana cara mudah membersihkan mainboard komputer?

Berikut langkah mudah memebersihhkan mainboard komputer.
1.Sediakan peralatan seperti obeng, karet penghapus dan kuas halus.

Dengan peralatan ini pengguna dapat membersihkan bagian fan processor, RAM dan komponen pada mainboard lainnya seperti kapasitor, transistor dan regulator.

2.Lepaskan semua sochet pada mainboard dengan hati-hati seperti sochet power, pael mainbard, RAM, card pada slot, kabel IDDE (penghubung harddisk dan CD-ROM) dan bagian fan processor.

Sebagai catatan, pengguna harus mengingat bagaimana dan dimana posisi pemasangan komponen-komponen sebelum dilepaskan.

3.Bersihkan semua debu yang menempel pada permukaan mainboard dengan menggunakan kuas halus

4.Bagian RAM yang sudah dilepaskan dibersihkan dengan karet penghapus dari ujung ke ujung konektor pada RAM.

Lakukan dengan hati-hati dan kemudian bersihkan kembali dengan kuas halus.

5.Jika dirasa sudah bersih pasang kembali semua komponen yang dilepaskan ke dalam casing komputer.
Nah, demikianlah cara dan langkah mudah membersihkan sendiri komponen mainboard komputer pribadi. Mudah bukan?***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel