Kehadiran Guru di Kelas dan Hasil Belajar Siswa
Februari 08, 2020
Kehadiran guru di kelas dan hasil belajar siswa – Sangat
menarik untuk dicermati apa yang disampaikan oleh Drs. Azri dalam silaturrahmi
dengan majelis guru SMPN 2 Lintau Buo beberapa waktu lalu. Mengutip beberapa
hasil penelitian yang dibaca dan dipelajarinya, pengawas SMP Dinas Pendidikan
dan kebudayaan Tanah Datar itu menyampaikan bahwa kehadiran guru di kelas berpengaruh
signifikan terhadap hasil belajar siswa.
Ada
dua kata kunci pokok yang perlu dicermati dari pernyataan tersebut, yaitu
kehadiran guru dan hasil belajar siswa.
1.Kehadiran guru di kelas
Dapat
dipahami bahwa kehadiran guru bukan hanya sekadar hadir di dalam kelas untuk
mengajar. Hadir dalam hal ini dimaknai menciptakan pembelajaran yang efektif
dan efisien.
Pembelajaran
demikian hanya akan terwujud apabila guru dapat menyajikan pembelajaran yang
menyenangkan bagi peserta didik. Kenapa suasana pembelajaran menyenangkan itu
perlu?
Pembelajaran
menyenangkan yang disajikan guru akan berdampak positif pada pengelolaan kelas
sehingga meminimalisir perilaku menyimpang siswa selama belajar.
Guru
hadir di ruang kelas benar-benar siap dengan strategi dan metode pembelajaran
yang akan diterapkan. Hal ini akan lancar bila guru menguasai materi pelajaran
dengan baik dan menghubungkannya dengan pengalaman siswa sehari-hari.
Modal
besar yang diperlukan guru adalah pengetahuan yang luas berkaitan dengan materi
pelajaran yang disajikan. Hal ini dapat diperoleh, seperti ungkap Drs. Azri,
melalui banyak membaca buku sumber sehingga dapat memaparkan materi pelajaran
dengan pengalaman siswa sehari-hari
2.Hasil belajar siswa
Memang
tak dapat dinafikan, ada kecenderungan anggapan keliru tentang hasil belajar
siswa. Hasil belajar siswa sering dianggap sebagai hasil ulangan semata.
Jika
hasil ulangan siswa bagus maka pembelajaran dikatakan telah berhasil di suatu
sekolah. Itu memang tidak salah. Hanya saja, hasil belajar dalam konteks
pendidikan Indonesia mencakup seluruh aspek, baik kognitif, afektif maupun
psikomotor.
Dikaitkan
dengan kehadiuran guru di ruang kelas, boleh jadi kehadiran guru sudah bagus
namun hasil Ujian Nasional kurang memuaskan. Apakah itu pertanda proses belajar
di ruang kelas kurang bagus?
Belum
tentu. Kenapa hasil UN kurang bagus? Itu karena proses persiapan UN belum
memadai. Namun proses belajar siswa boleh jadi sudah berjalan sebagaimana
mestinya.
Lihat juga : Tips Menjadi Guru Perferct dan Multitalent
Namun
demikian, kehadiran guru di kelas memang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Jika guru yang hadir di ruang kelas ‘membelajarkan’ dan bukan semata
‘mengajar’ siswa, akan bermuara pada hasil belajar yang memuaskan.***