Solusi Belajar Online dengan Aplikasi Quizizz

Solusi belajar online dengan aplikasi quizizz - Guru sebagian besar dalam pembelajaran online menggunakan grup WhatsApp. Guru memberi tugas kemuadian siswa menyerahkan tugasnya dengan cara difoto kemudian kirim ke guru mata pelajaran. Waktu pembelajaran daring yang cukup lama, tentu saja tidak cukup dengan pemberian tugas membuat resume.

Adakalanya harus mengadakan evaluasi. Evaluasi yang biasa kita gunakan adalah Ulangan Harian (UH) atau kuis. Untuk itu ada aplikasi untuk penilaian yang bisa dilakukan secara online, yaitu dengan menggunakan aplikasi Quizizz.

Aplikasi ini termasuk ringan karena tidak perlu didownload. Siswa cukup masuk melalui google chrome dan memasukkan alamat email. Berikut cara pembelajaran menggunakan Quizizz.

Cara pembelajaran online menggunakan aplikasi quizizz:


1. Bapak ibuk, silahkan sig in di web Quizizz.com

2. Setelah sig in pilih create new quiz

3. Tulis nama KD yang akan diujikan

4. Pilih relevant subjects, pilih mata pelajaran kita. Karena Ekonomi tidak ada pilihan nya, saya pilih social studies

5. Klik next

6. Pilih create a new question

7. Ketik soal untuk nomor satu, kemuadian tulis alternatif jawabannya. Pilihan yang tersedia ada 4, jika kita ingin 5 tinggal ditambah dibawah nya

8. Setting berapa lama waktu untuk menjawab soal, hal ini tentu tergantung kepada tingkat kesulitan soal

9. Kemudian klik save

10. Lanjut ke soal berikutnya sampai selesai

11. Klik finish quiz

12. Select grades, kalau saya untuk tingkat SLTA pilih university karena itu pilhan yang ada, tidak ada pilihan lain

13. Klik save, soal bapak ibu sudah bisa digunakan

14. Setelah soal kita selesai, bapak ibu klik soal yang telah dibuat tadi kemudian klik play live, maka akan muncul password untuk ikut kuis, bagikan ke siswa yang akan ikut kuis

15. Langkah selanjutnya minta siswa untuk buka google chrome, kemudian ketik Quizizz.Com

16. Siswa masuk dengan menggunakan alamat email masing masing. Setelah masuk pilih join game atau masuk sebuah game.

17. Siswa yang bergabung akan muncul di layar laptop bapak ibu (bisa juga menggunakan HP, tapi kurang memuaskan karena layarnya kecil)

18. Setelah semua nama siswa masuk tekan start, maka akan kelihatan siapa saja siswa yang telah menjawab benar, akan muncul warna hijau, dan merah bagi yang menjawab salah

19. Setelah semua selesai menjawab, klik end game.

20. Akan muncul tiga orang peringkat pertama

21. Hasilnya juga bisa kita simpan dengan cara klik download results, maka analisisnya akan terlihat nilai masing-masing siswa, siapa saja yang menjawab benar dan salah. Kemudian nilai juga tergantung kepada kecepatan menjawab.

22. Silahkan mencoba, semoga bermanfaat

Mungkin nanti akan ada pertanyaan atau sanggahan kuis ini tidak valid, karena siswa kan bisa nyontek atau liat buku. Nah disinilah kepiawaian kita sebagai guru harus mampu membuat soal HOTS.
Walaupun mereka bisa liat buku namun kalau tidak baca materi sebelumnya pasti tidak akan bisa. Tetap semangat guru Indonesia, semoga kita selalu diberi kesehatan dan dilindungi oleh Allah SWT, aamiin.

(Ditulis oleh: Devira Purnama, SE, MpdE)