Sejarah Singkat dan Perkembangan E-mail yang Perlu Diketahui

Sejarah singkat dan perkembangan e-mail yang perlu diketahui – Imel berasal dari bahasa Inggris, e-mail (elektronic mail) yang berarti surat elektronik. Surat dalam hal ini suatu pesan yang dikirim berupa data dari satu komputer ke komputer lain melalui jaringan internet maupun intranet.


Ilustrasi e-mail (pixabay.com)

Salah satu kelebihan e-mail adalah memungkinkan pengguna komputer untuk mengirim pesan dan data serta informasi dengan cepat melalui jaringan komputer lokal maupun dunia.

Sebuah e-mail dibuat dan dikirim dengan menggunakan program komputer pengirime-mail MUAs (Mail-User Agents) seperti microsoft outlook. Selain itu pengguna imel masuk ke jaringan internet menggunakan program e-mail yang disediakan oleh pihak lain seperti hotmail dan yahoo.

Sejarah singkat e-mail

Tahun 1960-an, pemerintah Amerika Serikat membentuk sebuah program penelitian Arpanet (Advanced Research Project Agency) telah dibentuk oleh. Program penelitian Arpanet kemudian mengembanggkan sistem yang di kemudian hari berkembang menjadi internet.

Selanjutnya pada 1971, peneliti dari Arpanet, Ray Tomlinson, mengirim e-mail yang pertama di dunia. Pesan yang sangat singkat, "testing 1-2-3" dikirim dan diterima komputer Ray Tomlinson setelah melalui sejumlah komputer lain.

Ray Tomlinson kemudian mengirim pesan ke temannya yang menggunakan sistem Arpanet. Guna memberitahukan kehadiran surat elektronik dan memberikan instruksi pengiriman digunakan standar alamat yang hingga kini masih digunakan (pengguna@komputer tujuan).

E-mail awal tersebut kemudian diperbaiki dan pada 1972. Sejumlah fasilitas dikembangkan dan hingga kini masih digunakan. 

Misalnya, fasilitas menyimpan e-mail yang diterima, membuang e-mail yang tidak dibutuhkan lagi, mengirim dan menerima e-mail melalui program yang sama, serta mengirim e-mail yang diterima dari seseorang dan meneruskannya ke orang lain (forward message).

Alamat e-mail

E-mail address (alamat e-mail) terdiri dari pengirim dan penerima pesan. Alamat e-mail, baik dari pengirim dan penerima, harus disesuaikan. Jika pengiriman pesan dilakukan antar komputer di jaringan lokal atau intranet, pengirim dapat menggunakan nama mereka saja. Akan tetapi jika dikirim melalui jaringan komputer dunia atau internet, ada aturan tertentu.

Aturan yang umum ialah bagian pertama berisi nama pengguna, kemudian disusul simbol @ (at), lalu alamat pengguna di internet. Alamat e-mail yang umum, misalnya, uda@yahoo.co.id. pada contoh ini, "uda" adalah nama pengguna, "yahoo" adalah nama perusahaan pengguna e-mail, dan "co.id" berasal dari "co" yang berarti company atau perusahaan dan "id" berarti Indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel