Strategi Pengembangan Kognitif Anak Usia TK

Strategi pengembangan kognitif anak usia tk - Anak-anak merupakan tahapan dari semua proses manusia yang awal. Setelah dilahirkan dan menjadi bayi, anak akan tumbuh dan juga berkembang.

Di masa anak-anaklah kita memiliki berbagai hal yang dianggap cemerlang seperti halnya bisa belajar, berpikir, mengenal dunia baru, mengenal berbagai hal yang paling membingungkan.

Dalam semua perkembangannya anak-anak memiliki perkembangan kognitif ataupun perkembangan pikiran. Dalam dunia psikologi ada dua tokoh yang paling dipercaya teorinya. 

Berikut ini penjelasan mengenai perkembangan kognitif :

*Kematangan
*Pengalaman
*Interaksi Sosial
*Ekuilibrasi

Pendidikan anak usia dini merupakan dasar pembinaan bagi anak yang baru lahir yang dilakukan melalui rangsangan untuk membantu pertumbuhan si anak.

Seiring bertambah canggihnya teknologi banyak sekali anak usia dini ini dibiasakan dengan dengan gadget oleh orangtuanya.

Maka dari itu tugas orangtua adalah  membimbing dan melatih anak menjadi lebih cerdas. Selain belajar di sekolah anak juga harus dibiasakan untuk mengulang atau me-murojaah pelajaran yang tadi untuk memperluas pengetahuan si anak.

Guru juga harus memiliki banyak pengalaman dalam mengajar dan mengetahui kekurangan atau kelebihan anak muridnya. Seorang guru juga harus memiliki strategi untuk menghadapi masalah anak muridnya pada proses belajar.

Guru juga harus memperhatikan keadaan muridnya saat pelajaran dimulai. Anak usia dini ini harus mendapatkan perhatian yang lebih agar pembelajaran menjadi semangat. Anak usia dini ini memerlukan perhatian yang banyak agar mindset dan pola pikir mereka menjadi luas.

Saat pembelajaran dimulai guru harus membuka dengan doa. Bermain adalah kebutuhan dan aktifitas yang menyatu di dunia anak.

Dengan bermain anak juga akan mengalami suatu proses yg mengantarkan pada pengembangan kemampuan manusiawi seperti menumbuhkan percaya diri pada anak .

Interaksi guru dengan murid ini sangat penting untuk pendidikan anak.

Karakteristik perkembangan kognitif anak usia 4 – 6 tahun

*Dapat mengetahui fungsi benda dengan benar.
*Dapat mengelompokkan benda sesuai dengan bentuk, warna, ukuran dan fungsi secara sederhana.
*Ikut dalam kegiatan membaca dengan mengisi kata-kata atau kalimat yang belum terisi
*Dapat menunjukkan dan menyebutkan anggota tubuhnya.
*Dapat mencocokkan hingga sebelas warna.
*Berusaha membaca dengan memperhatikan gambar.
Sudah bisa membaca kata-kata singkat dan juga ringan seperti 4-6 huruf.
*Dapat membaca cerita sederhana dengan lantang dan juga bersuara.
*Dapat mana hal yang fantasi ataupun realita.***

(Kiriman : Reni HandayaniMahasiswa Semester 2 Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Tugas Artikel)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel