Strategi Pengembangan Kognitif Anak Usia TK
April 20, 2020
Strategi
pengembangan kognitif anak usia tk - Anak-anak merupakan
tahapan dari semua proses manusia yang awal. Setelah dilahirkan dan menjadi
bayi, anak akan tumbuh dan juga berkembang.
Di masa anak-anaklah kita memiliki berbagai hal yang
dianggap cemerlang seperti halnya bisa belajar, berpikir, mengenal dunia baru,
mengenal berbagai hal yang paling membingungkan.
Dalam semua perkembangannya anak-anak memiliki
perkembangan kognitif ataupun perkembangan pikiran. Dalam dunia psikologi ada
dua tokoh yang paling dipercaya teorinya.
Berikut ini penjelasan mengenai
perkembangan kognitif :
*Kematangan
*Pengalaman
*Interaksi Sosial
*Ekuilibrasi
Pendidikan anak usia dini merupakan dasar pembinaan bagi
anak yang baru lahir yang dilakukan melalui rangsangan untuk membantu
pertumbuhan si anak.
Seiring bertambah canggihnya teknologi banyak sekali anak
usia dini ini dibiasakan dengan dengan gadget oleh orangtuanya.
Maka dari itu tugas orangtua adalah membimbing dan melatih anak menjadi lebih
cerdas. Selain belajar di sekolah anak juga harus dibiasakan
untuk mengulang atau me-murojaah
pelajaran yang tadi untuk memperluas pengetahuan si anak.
Guru juga harus memiliki banyak pengalaman dalam mengajar
dan mengetahui kekurangan atau kelebihan anak muridnya. Seorang guru juga harus
memiliki strategi untuk menghadapi masalah anak muridnya pada proses belajar.
Guru juga harus memperhatikan keadaan muridnya saat
pelajaran dimulai. Anak usia dini ini harus mendapatkan perhatian yang lebih
agar pembelajaran menjadi semangat. Anak usia dini ini memerlukan perhatian yang
banyak agar mindset dan pola pikir
mereka menjadi luas.
Saat pembelajaran dimulai guru harus membuka dengan doa. Bermain
adalah kebutuhan dan aktifitas yang menyatu di dunia anak.
Dengan bermain anak
juga akan mengalami suatu proses yg mengantarkan pada pengembangan kemampuan
manusiawi seperti menumbuhkan percaya diri pada anak .
Interaksi guru dengan murid ini sangat penting untuk
pendidikan anak.
Karakteristik perkembangan kognitif anak usia 4 – 6 tahun
*Dapat mengetahui fungsi benda dengan benar.
*Dapat mengelompokkan benda sesuai dengan bentuk, warna,
ukuran dan fungsi secara sederhana.
*Ikut dalam kegiatan membaca dengan mengisi kata-kata atau
kalimat yang belum terisi
*Dapat menunjukkan dan menyebutkan anggota tubuhnya.
*Dapat mencocokkan hingga sebelas warna.
*Berusaha membaca dengan memperhatikan gambar.
Sudah bisa membaca kata-kata singkat dan juga ringan
seperti 4-6 huruf.
*Dapat membaca cerita sederhana dengan lantang dan juga
bersuara.
*Dapat mana hal yang fantasi ataupun realita.***
(Kiriman : Reni
Handayani, Mahasiswa Semester 2 Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Tugas Artikel)