Pengenalan Laman Google Kelas dan Penggunaannya untuk Siswa

Pengenalan laman google kelas dan penggunaannya untuk siswa - Artikel ini merupakan bagian Pendahuluan kegiatan  pembelajaran daring mata pelajaran IPA Kelas 9 Tahun Ajaran 2021/2022. Materi  pengenalan laman google kelas dan penggunaanya ditujukan untuk siswa Kelas 9 A, B dan C SMPN 2 Lintau Buo.

Google kelas (Google Classroom) merupakan aplikasi produk google yang digunakan untuk melaksanakan pembelajaran daring (dalam jaringan).

Untuk bisa bergabung di laman Google Kelas, setiap siswa kelas 9A, B dan C diumumkan melalui Grup WhatSapp kelas 9A, B dan C untuk mengirim alamat email google masing-masing kepada guru mata pelajaran IPA.
Baca : Mengenal Aplikasi Google Classroom
Akun google tersebut akan digunakan guru mata pelajaran untuk mengundang (invite) siswa bergabung di laman Google kelas sesuai kelas masing-masing.

Tentu saja siswa harus membuka inbox email google untuk menerima undangan tersebut untuk diterima (approve) sehingga dapat mengikuti materi dan mengerjakan tugas berkaitan mata pelajaran IPA.

Apa yang ada di google kelas?

Google Classroom merupakan aplikasi produk google. Aplikasi ini dikembangkan untuk sekolah yang bertujuan menyederhanakan pembuatan, pendistribusian dan penetapan tugas dengan cara tanpa kertas.

Sebenarnya ada dua model untuk aplikasi ini yaitu untuk guru dan siswa. Kedua model itu memiliki fitur yang berbeda-beda tergantung dengan kebutuhan.

Bagaimana siswa menggunakannya?

Untuk siswa ada dua hal yang perlu diperhatikan :

1. Bergabung kelas

a.Masuk ke aplikasi Google Classroom yang sudah diinstal pada android atau buka laman classroom.google.com

b.Pilih tanda "+" yang ada di sudut kanan atas lalu pilih "Gabung Kelas"

c.Kemudian masukkan kode kelas yang diberikan guru lalu klik "Gabung"

2. Mengirim tugas
a.Klik pada bagian menu "Tugas Kelas", lalu pilih tugas yang akan dikerjakan

b.Akan muncul detail dari tugas yang dipilih, klik "Lihat Pertanyaan" untuk menjawab pertanyaan

c.Selanjutnya kamu akan diarahkan ke halaman pertanyaan, kamu bisa menjawabnya pada kolom yang tersedia

d.Jika sudah selesai menjawab, klik "Serahkan" dan selesai.
Lihat juga : Membuat Laman Kelas pada Aplikasi Google Classroom Melalui Android untuk Guru
Demikian pengenalan terhadap Google Kelas dan cara penggunaannya buat siswa sebagai bagian Pendahuluan pembelajaran IPA di kelas 9A, B dan C SMPN 2 Lintau Buo pada semester ganjil Tahun Ajaran 2021.2022.***