Penyelidikan IPA : Materi Pelajaran Kelas 7 SMPMTs K13

Penyelidikan IPA : materi pelajaran kelas 7 smp/mts K13 - Hai gaes! Selamat datang di Matrapendidikan.com, blog artikel pendidikan anak di lembaga sekolah dan lingkungan keluarga. Pada awal pembelajaran daring (dalam jaringan) tahun ajaran 2020/2021 semester ganjil pada mata pelajaran IPA ini. 

Siswa Kelas 7 SMP/MTs akan belajar sub topik Penyelidikan IPA sebagai bagian pertama  dari topik Objek dan Pengamatan IPA.

Pada sub topik Penyelidikan IPA ini akan dibahas 3 materi utama yaitu: 

a.kegunaan mempelajari IPA 
b.objek yang dipelajari dalam IPA
c.keterampilan proses penyelidikan IPA

1.Kegunaan mempelajari IPA

Tahu gak gaes. Belajar IPA itu asyik, lho? Tapi dengan catatan, siswa harus belajar serius dari awal materi ini.

IPA singkatan dari Ilmu Pengetahuan Alam. Berati objek IPA itu terdapat di alam sekitarnya. Apa saja yang ada di alam sekitar? 

Banyak gaes...!

Ada manusia, hewan, tumbuhan, air, udara, sinar matahari, tanah, dan lain sebagainya. 

Lalu apa kegunaan mempelajari IPA dalam kehidupan sehari-hari?

Sekurang-kurangnya ada 4 kegunaan belajar IPA dalam kehidupan sehari-hari, yaitu: 

a) Memahami berbagai hal di lingkungan sekitarnya
Dengan belajar IPA siswa akan dapat memahami berbagai hal tentang alam di sekitar lingkungannya.

b) Melatih berpikir logis dan sistematis
Belajar IPA akan berguna untuk melatih siswa untuk berpikir secara logis dan sistematis.

c) Meningkatkan kualitas hidup
Belajar IPA sesungguhnya memberikan pengalaman kepada siswa tentang beradaptasi dan mengatasi permasalahan berkaitan dengan lingkungan biotik dan a-biotik.

d) Menyelesaikan masalah
Permasalahan yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari kadang-kadang dapat terselesaikan dengan belajar IPA.

2.Objek yang dipelajari dalam IPA

Tadi telah disinggung, banyak objek IPA yang terdapat di alam. Namun secara garis besarnya, objek IPA yang ada di alam itu dikategorikan menjadi 2, yaitu objek Biotik dan objek A-biotik.

Objek biotik adalah lingkungan dengan objek semua makhluk hidup. Misalnya manusia, hewan dan tumbuhan.

Sedangkan objek a-biotik adalah lingkungan dengan semua benda mati.

3.Keterampilan proses penyelidikan IPA

Penyelidikan dalam IPA merupakan serangkaian proses yang memerlukan keterampilan tertentu.

Penyelidikan IPA sangat penting dilakukan. 

Mengapa gaes...? 

Kemampuan penyelidikan ilmiah IPA merupakan keterampilan sepanjang hayat yang dapat digunakan dalam mempelajari berbagai macam ilmu, termasuk dalam kehidupan sehari-hari.

Ada 3 keterampilan proses penyelidikan IPA, yaitu : pengamatan, inferensi dan komunikasi. 
Oke gaes! Akan kita urai satu persatu. Ikuti sampai tuntas pembahasan ini ya?

Oke kita lanjutkan!

A.Melakukan pengamatan
Merupakan proses menyelidiki suatu objek dengan menggunakan alat indera ataupun alat bantu.

Misalnya mengamati seekor burung di atas dahan pohon dengan menggunakan indera penglihatan (mata) dan alat bantu (teropong).

Jadi pengamatan untuk mengumpulkan data dan informasi.

B.Membuat inferensi
Setelah kita melakukan pengamatan pada sebuah objek.

Maka selanjutnya adalah merumuskan penjelasan berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan dan dihubungkan dengan berbagai teori yang ada.

Kemudian berdasarkan penjelasan tersebut dapat ditarik sebuah kesimpulan.

Jadi membuat inferensi bertujuan untuk merumuskan hubungan antar aspek yang diamati dan membuat prediksi.

C.Mengkomunikasikan
Kesimpulan yang sudah diperoleh, selanjutnya kita sampaikan kepada orang lain (publik) secara jelas dan terperinci, sehingga orang lain dapat memahami dengan baik apa yang ingin kita sampaikan.

Memang gaes...proses mengkomunikasikan pada hakikatnya untuk membicarakan data yang sudah diperoleh, baik data tertulis maupun lisan.

Data tersebut dapat berupa tabel, grafik, bagan dan gambar terkait penyelidikan.

Keterampilan proses penyelidikan IPA menggunakan suatu metode yang disebut metode ilmiah.

Metode Ilmiah adalah merupakan cara-cara atau langkah-langkah yang digunakan oleh para ilmuwan untuk menyelesaikan suatu masalah keilmuan.

Langkah-Langkah Metode Ilmiah
Setelah siswa mengetahui keterampilan proses, siswa juga perlu mempelajari langkah-langkah metode ilmiah:

1.Merumuskan permasalahan yang ditemukan

2.Mengumpulkan data dan informasi terkait permasalahan

3.Membuat hipotesis atau dugaan sementara

4.Melakukan eksperimen atau percobaan

5.Menarik kesimpulan

6.Menguji kembali kesimpulan dengan percobaan ulang.


Langkah-langkah metode ilmiah tersebut harus runtut atau berurutan.

Tugas untuk dikerjakan siswa!
Gaes..., coba ceritakan kegunaan belajar IPA berdasarkan pengalamanmu dalam kehidupan sehari-hari.

Tugas tersebut diserahkan kembali kepada guru mata pelajaran IPA ya gaes?
Sampai jumpa pada materi pelajaran IPA berikutnya. Terima kasih.***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel