Istilah K-13 dan G-13

Istilah k-13 dan g-13 - Kalangan pendidik dan tenaga kependidikan maupun orangtua murid. Sudah hafal dan familiar dengan istilah K-13. Yaitu, singkatan dari Kurikulum 2013, atau sering juga disingkat Kurtilas.

Salah satunya adalah revisi pada bagian-bagian tertentu kurikulum tersebut, hampir setiap tahun. Hasilnya disebut Kurikulum 2013 Revisi tahun sekian 

Misalnya K-13 Revisi 2016, K-13 Revisi 2017, dan seterusnya. Dan tahun 2020 ini menggunakan K-13 Revisi 2020.

Rupanya angka 13 menjadi unik dalam dunia pendidikan saat ini. Kalau dekade sebelum-sebelumnya, memang tidak ada penamaan Revisi pada kurikulum yang berlaku.

Yang ada penamaan, Kurikulum yang Disempurnakan. Misalnya Kurikulum 1984 yang Disempurnakan. Atau Kurikulum 1994 yang Disempurnakan.

Seandainya tidak memakai istilah revisi, maka Kurikulum akan baru, setiap tahun. Mungkin akan terdengar aneh, setiap tahun kurikulum pendidikan berubah. Tapi syukurlah Direvisi!

Nah, ini lagi ada angka 13 di belakangnya, istilah G-13. Angka 13 bukan angka tahun. Melainkan hitungan kelebihan bulan diluar 12 bulan dalam setahun untuk penamaan gaji aparatur sipil maupun militer, Gaji ketiga belas!

Gaji ketiga belas (gaji ke-13), atau G-13, memang sangat diharap dan dinantikan oleh setiap ASN, TNI/Polri serta pensiunan setiap tahunnya.

Biasanya gaji ke-13 cair pada bulan Juli. Namun tahun 2020 ini agak terkendala oleh Pandemi Covid-19 sehingga pencairannya agak terundur. G-13 dapat dipergunakan untuk membiayai pendidikan anak pada awal tahun ajaran bar. Termasuk bagi yang mempunyai anak di bangku perkuliahan.

Sampai tahun ajaran baru berlangsung terdengar berita yang membuat penerima G-13 termenung. Pencairan G-13 diundur sampai bulan Desember atau akhir tahun 2021 ini! Sementara uang perkuliahan anak sudah harus disetorkan pada bulan Juni dan Juli.

Namun di awal bulan Agustus ini angin sejuk berhembus kembali. Kegerahan menunggu mulai reda. G-13 akan dicairkan sebelum atau pada pertengahan Agustus.

Seperti dikutip dari kompas.com, gaji ke-13 akan cair menjelang atau pertengahan bulan Agustus ini. 

Semua yang akan menerima G-13 menaruh harapan besar terhadap gaji yang jumlahnya lebih besar dari penerimaan gaji reguler karena tidak diiringi dengan pemotongan.

G-13 terdiri dari gaji pokok dan tunjangan yang melekat, seperti tunjangan suami/istri, anak dan tunjangan jabatan***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel