Perbandingan Fitur Ruangguru dan Quipper

Perbandingan fitur ruangguru dan quipper - Media belajar online mengalami perkembangan pesat sejalan dengan meningkatnya kebutuhan siswa akan bimbingan belajar di masa pandemi. Sebutlah bimbel Ruangguru, Quipper, Quizizz dan Pahamify serta banyak lagi yang lainnya.

Mungkin Anda bingung untuk memilih satu diantara yang banyak itu. Namun perlu Anda ketahui, sebelum menentukan pilihan, pastikan Anda sudah memahami fitur dan layanan bimbel tersebut.

Sebelumnya Anda sudah disuguhkan artikel review perbandingan Ruangguru dan Pahamify. Artikel ini akan membandingkan 2 startup media online yang sudah populer saat ini, yaitu Ruangguru dan Quipper dari segi fitur dan layanan. Diharapkan Anda akan dapat menentukan pilihan Ruangguru atau Quipper.

Fitur ataupun layangan suatu media belajar online menjadi salah satu perhitungan dalam menjatuhkan pilihan. Oleh sebab itu Anda perlu mengetahui fitur bimbel online tersebut sehingga sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. 

A.Fitur ruangguru

Fitur Ruangguru memiliki banyak pilihan layanan.

a.Ruangbelajar

Fitur ini untuk mengakses materi pelajaran melalui kegiatan belajar yang tersaji berupa konten video, latihan soal, bank soal dan rangkuman materi pelajaran. 

b.Ruangbelajar Plus

Fitur ini berupa grup belajar online se-Indonesia. Ruangbelajar Plus tersedia materi video, rangkuman, soal latihan, bank soal, grup belajar interaktif dengan live streaming, tutor standby.

c.Ruangles

Fitur ini berguna untuk mencari guru les privat dan bisa Anda panggil datang ke rumah untuk mengajar Anda.

d.Ruanglesonline

Bermasalah dengan tugas atau PR? Fitur Ruanglesonline dapat Anda manfaatkan untuk menanyakan PR atau tugas kepada tutor. Syaratnya Anda harus membeli koin terlebih dahulu, harga koin mulai Rp 20.000,- (1 koin bisa bertanya 30 menit).

e.Ruangkelas

Layanan learning management system sebagai saranan kelas virtual untuk para guru dan murid.

f.Ruanguji

Melalui fitur Ruanguji Anda dapat mengikuti Try Out.

B.Fitur Quipper

Quipper terdiri dari fitur dasar Quipper Video dan Quipper Masterclass. Quipper video berisi materi belajar dalam bentuk video, rangkuman materi, latihan soal. Fitur video Pembelajaran menyajikan konten materi pelajaran dalam bentuk video.

Selain itu juga terdapat latihan soal dan pembahasannya di setiap materi pelajaran. Dilengkapi dengan fitur catatan belajar yang berisi rangkuman materi pelajaran yang ada pada video pembelajaran.

Fitur video Quipper Masterclass adalah fitur tanya tutor mengenai materi pelajaran, konsultasi jurusan dan lain sebagainya. 

Di Quipper Masterclass ini memungkinkan Anda untuk menanyakan materi pelajaran yang kamu anggap sulit. Selain itu Anda akan mendapat bimbingan dari pembimbing Quipper dalam hal penentuan jurusan dan penentuan tujuan kuliah yang sesuai dengan minat dan bakat.

C.Perbandingan fitur ruangguru dan quipper

Ruangguru memiliki fitur yang lebih beragam dibandingkan Quipper. Artinya, Ruangguru lebih unggul dari Quipper dari segi fitur yang ada.

Dengan demikian Ruangguru lebih memberikan keleluasaan kepada Anda untuk memilih layanannya sesuai kebutuhan Anda. Misalnya Ruangbelajar, Ruangbelajar Plus, Ruangles, Ruangkelas, Ruang Uji, dll.

Fitur lengkap memungkinkan Anda untuk memilih materi sesuai kebutuhan. Misalnya materi SD, SMP, SMA, UN dan SBMPTN.

Akses aplikasi Ruangguru sudah lengkap, baik pengguna android, iPhone, komputer maupun laptop. Aplikasi Ruangguru sudah tersedia untuk aplikasi laptop, komputer maupun ponsel.

Sedangkan fitur Quipper memang terbatas jika dibandingkan dengan Ruangguru. Hal ini karena Quipper lebih fokus untuk bimbel kelas 10, 11, 12 dan persiapan masuk PTN.

Materi Quipper juga sangat terbatas. Hanya untuk kelas 9-12 (SMP-SMA). Pilihan paketnya terbatas materi SMP dan SMA. Materi belajar Quipper lebih fokus untuk persiapan UN dan SBMPTN. 

Dari segi akses, aplikasi Quipper juga terbatas. Aplikasi Quipper hanya untuk pengguna android saja. Pengguna iOS belum bisa mengunduh aplikasinya. Begitu pula aplikasi untuk laptop juga belum tersedia.

D.Anda pilih Ruangguru atau Quipper? 

Jika Anda ingin fitur belajar yang lengkap tentulah memilih Ruangguru. Fitur Ruangguru cocok untuk semua tingkatan pendidikan (SD sd SMA).

Fitur tanya jawab soal, konsultasi jurusan dan grup belajar, Anda harus berlangganan paket Ruangbelajar Plus di Ruangguru.

Kalau sekadar buat nanya PR atau tugas sekolah Anda bisa gunakan Ruangguru dengan membeli paket Ruanglesonline dengan harga sangat terjangkau mulai Rp 20.000,- untuk bertanya selama 30 menit.

Itulah oembahsan tinjauan perbandingan antara fitur Ruangguru dan Quipper. Semoga ada manfaatnya.***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel