Manfaat Penggunaan Ruangkelas bagi Guru

Manfaat penggunaan ruangkelas bagi guru - Sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang diterapkan dalam proses pendidikan pada masa pandemi menjadi pilihan terbaik dan satu-satunya sampai saat ini. Hal ini bukan berarti sistem PJJ tidak mengalami permasalahan dan kendala dalam penerapannya. Justru pembelajaran online ini menyisakan berbagai kendala dan masalah yang dirasakan oleh guru, murid dan orangtua murid.

Guru  sudah mengidentifikasi berbagai permasalahan belajar daring. Umumnya guru mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi pelajaran, mengawasi murid, memberikan tugas dan penilaian.

Yang dapat dilakukan guru dalam kondisi seperti ini adalah meminimalkan permasalahan dan kendala pembelajaran tersebut. Bahkan pihak sekolah sudah memfasilitasi guru dengan platform pendukung PJJ. Guru pun secara swadaya sudah menempuh cara kreatif meskipun harus menghadapi keadaan fasilitas yang terbatas.

Membaca dan menyikapi beberapa permasalahan dan kendala belajar mengajar jarak jauh tersebut maka Ruangguru mengeluarkan produk Ruangkelas. Produk dengan berbagai fitur ini diharapkan mampu meminimalisir permasalahan dan kendala belajar dari rumah. Mengajar dan belajar dari rumah menjadi lebih praktis dan efisien dalam satu platform.

A.Fitur Ruangkelas Ruangguru

Fitur Ruangkelas Ruangguru dapat digunakan oleh guru untuk :

1.Menyampaikan materi pelajaran

Guru dapat memberikan materi pelajaran kepada siswa. Materi belajar yang akan disampaikan ini ada di ruangguru namun guru juga dapat membuat bahan ajar sendiri untuk disampaikan pada siswa.

2.Memberikan tugas dan penilaian

Dengan fitur ini guru dapat memberikan tugas-tugas kepada siswa dengan rapi dan  teratur pada timeline. Tidak hanya memberikan tugas, guru juga dapat memberikan penilaian secara otomatis dan terdata dengan rapi.

3.Chat live dengan siswa

Guru dapat berdiskusi dengan siswa secara live pada grup Chat.

4.Mengajar live teleconfrence

Fitur Ruangkelas juga dapat dimanfaatkan oleh guru untuk mengajar melalui teleconfrence.

B.Manfaat Ruangkelas ruangguru

Banyak manfaat yang diperoleh guru jika menggunakan fitur Ruangkelas Ruangguru. Manfaat tersebut dapat dirangkum sebagai berikut:

1.Mudah digunakan

Ruangkelas ruangguru sangat mudah diakses atau digunakan oleh guru. Kemudahan tersebut terbukti dapat dilihat dari cara dan langkah dalam mengakses ruangkelas. Cara dan langkah mengakses Ruangkelas adalah:

a.Buka peramban atau browser di komputer atau laptop. Ketikkan pada browser tersebut kelas.ruangguru.com

b.Masuk dengan email dan kata sandi akun Ruangguru.

c.Pilih Profil dan Buat Organisasi

d.Isi detail organisasi dan pilih Buat.

2.Materi belajar lengkap

Sesudah mendaftarkan diri di Ruangkelas, guru dapat langsung memperoleh materi belajar yang lengkap serta menarik dari Ruangguru. Dan materi tersebut dapat digunakan kapan saja.

3.Memberi tugas

Guru dapat memberikan tugas lebih praktis dan teratur dengan menggunakan Ruangkelas. Guru bisa memasukkan tugas secara langsung dan tugas tersebut akan terkumpul dan terdata dengan teratur.

Dengan demikian guru dapat pula untuk melakukan penilaian dengan rapi secara otomatis.

4.Mudah berkomunikasi dengan murid

Fitur ruang chat kelas akan memudahkan guru berkomunikasi dengan murid selama belajar dari rumah. 

Dapat disimpulkan bahwa penggunakan fitur Ruangkelas Ruangguru akan membantu dan memudahkan guru dalam menyampaikan materi pelajaran lebih optimal, memberikan tugas dengan mudah dan melakukan penilaian dengan praktis.

Demikianlah pembahasan manfaat penggunaan Ruangkelas bagi guru.***