5 Alasan Pentingnya Belajar Interaktif pada Masa Pandemi

5 Alasan pentingnya belajar interaktif pada masa pandemi - Pembelajaran merupakan proses interaksi belajar dan mengajar yang bersifat dinamis. Interaksi tersebut berlangsung antara siswa dengan guru, antar sesama siswa dan dengan media serta sumber belajar.

Strategi pembelajaran interaktif, seperti dikutip dari Rohmalina Wahab adalah cara atau teknik pembelajaran yang digunakan guru dalam menyampaikan materi pelajaran.

Mengapa penting?

Pada masa pandemi dimana siswa belajar dari rumah, belajar interaktif sangat penting. Ada 5 alasan mengapa belajar interaktif berperan penting dalam mencapai hasil belajar siswa secara optimal.

1. Motivasi belajar

Siswa akan termotivasi belajar dalam suasana yang menyenangkan. Salah satu faktor pendukung suasana pembelajaran yang menyenangkan adalah model belajar interaktif.

2. Hasil belajar

Model belajar interaktif akan meningkatkan motivasi belajar yang kuat pada siswa.  Motivasi yabg kuat akan mendorong siswa meraih hasil belajar secara optimal.

 3. Bertanya dan menjawab pertanyaan

Keaktifan siswa dalam belajar tercermin dalam interaksi selama pembelajaran. Siswa terlibat secara aktif bertanya maupun menjawab pertanyaan.

4. Berlatih belajar mandiri

Pembelajaran interaktif akan mendorong siswa dalam teknik belajar mandiri guna memperoleh pengetahuan melalui  kegiatan belajar secara pribadi.

5. Pengembangan sikap dan kepribadian

Belajar interaktif akan melibatkan siswa untuk berkomunikasi sosial. Dalam komunikasi memerlukan sikap dan kepribadian yang baik. Melalui pembelajaran interaksi akan menumbuhkan sikap sopan dan santun serta etika yang baik dalam berkomunikasi.

Fitur kelas interaktif dan sesi klinik PR

Menjembatani kebutuhan belajar interaktif pada masa pandemi direkomendasikan untuk bergabung di Brain Academy Online Ruangguru, Bimbel Online Nomor 1 Indonesia. 

Ruangguru menyediakan produk Brain Academy Online yang berkaitan erat dengan kebutuhan siswa untuk belajar interaktif di masa pandemi. Sebutlah fitur Kelas Interaktif dan Klinik PR.

Bimbel Brain Academy online Ruangguru akan mempermudah siswa untuk berinteraksi secara langsung dengan Master Teacher selama belajar di rumah dengan metode Live Teaching dan Diskusi secara Daring. Dengan demikian Brain Academy ruangguru mempermudah akses bagi siswa untuk berkomunikasi dan berinteraksi guna mendapatkan bimbingan langsung dari guru.

Kelas interaktif merupakan fitur belajar online dengan metode Live Teaching interaktif terjadwal secara aman via aplikasi bersama Star Master Teacher.

Sedangkan Klinik PR adalah fitur sesi klinik PR Online dengan Master Teacher secara eksklusif dalam grup kecil, seperti Klinik UTBK dan Exam Kit.***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel