Kabar Baik, PTM Dimulai Senin!

Kabar baik, Ptm dimulai senin! - Kabar baik yang ditunggu akhirnya datang jua buat insan pendidikan sekolah di Kabupaten Tanah Datar. Tidak terkecuali dengan warga SMPN 2 Lintau Buo. Pihak Disdikbud Tanah Datar membolehkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di lingkungan pendidikan sekolah.

Menyikapi hal tersebut pihak SMPN 2 Lintau Buo telah mengadakan rapat persiapan PTM, Sabtu (14/8/21) yang dipimpin Kepala SMPN 2 Lintau Buo, Titin Susilawati, S.Pd.

Pada hari yang sama tim Satgas Covid-19 Kecamatan dari unsur Babinsa/Koranil 04 TD juga berkunjung ke sekolah setempat.

Sekolah penuhi persyaratan

Menurut kepala sekolah, SMPN 2 Lintau Buo dapat memenuhi persyaratan untuk PTM (Pembelajaran Tatap Muka) terbatas. 

"Hasil Rakor Satgas Covid-19 Kab. Tanah Datar yang dipimpin Wabup, hari Selasa 10-8-2021 secara virtual, dan berdasarkan Inmendagri RI no 32 tahun 2021 tgl 9 Agustus 2021 Diktum Kesembilan, serta mengacu pada SKB 4 menteri tentang pembelajaran di masa pandemi, maka sambil menunggu edaran resmi dari Bupati maka Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas 50% akan dimulai pada hari Senin, 16 Agustus 2021 dengan persyaratan mengacu pada SKB 4 menteri," ujar kepala sekolah di hadapan pendidik dan tenaga kependidikan.

Selanjutnya kepala sekolah merujuk edaran kepala Disdikbud tentang persyaratan pelaksanaan PTM, yaitu:

1. Pelaksanaan PTM terbatas atas persetujuan orangtua dan atau komite sekolah

2. Memastikan telah mengisi daftar periksa di DAPODIK atau EMIS bagi sekolah atau madrasah

3.Infrastruktur pendukung prokes  di lembaga atau satuan pendidikan dlm kondisi siap, seperti tempat cuci tangan denga air mengalir pakai sabun, lingkungan sudah disemprot dengan desinfektan, meja siswa jarak 1.5 m, memiliki thermo-gun pengukur suhu, Satgas covid sekolah sudah dalam kondisi siap bertugas.

4. Guru dan pegawai yg hadir ke sekolah yg telah mengikuti vaksinasi l dan  atau vaksinasi ll.

5. Memastikan guru dan pegawai serta siswa memakai masker, khusus guru disarankan pakai face Shield.

6. Memastikan siswa membawa makanan dan minuman dari rumah, Karena kantin sekolah ditutup dan tidak ada yang berjualan di depan sekolah/madrasah.

7. Guru dan pegawai serta siswa yang kurang sehat dilarang untuk hadir.

8. Bilamana situasi zona resiko covid belum stabil, maka nagari denga zona merah kemungkinan tetap BDR.

9. Hal2 lainnya tetap mempedomani SKB 4 menteri dan Inmendagri no 32 tahun 2021 tgl 9 Agustus 2021. 

Berdasarkan persyaratan tersebut diatas, SMPN 2 Lintau Buo dapat memenuhinya sehingga dapat memulainya pada hari tersebut.

Hasil rapat persiapan PTM tersebut juga menyetujui kegiatan pembenahan lingkungan sekolah terutama ruang kelas dan sekitarnya.

Petugas Satgas Covid-19 unit sekolah sudah siap bertugas dan fasilitas Protokol kesehatan sudah tersedia.

Sementara pada hari berikutnya siswa belajar menerapkan sistem doubleshift. Siswa kelas 9 dan 8 shift pertama diikuti oleh siswa kelas 7.

Kunjungan silaturrahmi

Sementara itu tim Satgas Covid-19 khusus dari Babinsa/Koranil 04/TD melakukan kunjungan silaturrahmi ke sekolah setempat.

Dalam sharing dengan perwakilan pendidik dan tenaga pendidik, pihak Satgas Covid-19 mengingatkan kembali agar tetap waspada dan menerapkan Prokes ketat dalam menjalankan PTM.

Namun pihak sekolah tetap berkoordinasi dengan pihak Puskesmas terdekat dan Satgas Covid-19 Kecamatan.***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel