Hari Guru Nasional

Hari Guru Nasional - Hari Guru Nasional, disingkat HGN, diperingati tanggal 25 November setiap tahunnya. Peringatan ini sebagai bentuk mengenang, menghargai, dan mengapresiasi jasa para guru di Indonesia yang berjuang mencerdaskan generasi penerus bangsa.

Melansir Kemenag, adanya Hari Guru Nasional tak lepas dalam Keputusan Presiden Nomor 78 tahun 1994 tersebut dijelaskan pertimbangan penetapan 25 November sebagai Hari Guru Nasional.

Peringatan HGN Tahun 2021 ini adalah, “Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan”.

Pada hakikatnya pendidikan adalah bidang pengabdian terhadap Tuhan Yang Maha Esa, bangsa, dan negara untu membentuk manusia Indonesia seutuhnya yang berjiwa pancasila.

Masa pandemi merupakan permasalahan terbesar bangsa Indonesia saat ini. Pandemi covid-19 di tengah masyarakat sebagai akibat terjadinya perubahan lingkungan global yang melanda hampir seluruh bangsa di Dunia. 

Pendidikan berperan dalam membangun peradaban manusia yang lebih baik. Oleh sebab itu peran guru dalam hal ini cukup strategis.

Di tengah pandemi ini, sejumlah rekayasa sosial dalam menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) telah ditempuh. Praktiknya kita membutuhkan banyak kreativitas dalam mengembangkan daya pikir anak.

Guru menjadi ujung tombak dalam pelaksanaan proses pendidikan untuk dapat mencetak SDM unggulan.

Dilain sisi guru juga memiliki beban yang sangat berat karena memiliki peran ganda, tidak hanya bertanggung jawab pada perkembangan intelegensi tapi juga perkembangan moral peserta didik.

Tanggung jawab yang berat itu kadang-kadang tidak sebanding dengan apresiasi yang diberikan terhadap guru.

Tidak mengherankan jika masih banyak guru tidak kompeten yang dipekerjakan.

Pada era pandemi ini, pendidikan mulai didigitalisasi. Perubahan ini menuntut para guru untuk bisa meng-upgrade kompetensi. Agar dapat mencapai kompetensi tersebut, dukungan sekolah sangat dibutuhkan. Peran pemerintah sangatlah dibutuhkan dalam memberikan kualitas pendidikan kepada anak bangsa, karena pendidikan adalah kunci dari keberhasilan sumber daya manusia suatu Negara.

Pihak sekolah dapat memfasilitasi suatu pelatihan khusus supaya para guru bisa lebih kompeten. Sekolah pun mendapatkan keuntungan jika pelatihan tersebut bisa berhasil mencetak guru-guru dengan kompetensi tinggi.

Peran para guru dalam dunia pendidikan sangat krusial terhadap keberhasilan kegiatan pembelajaran. Untuk mencapai hal tersebut, maka dari itu para pemangku kebijakan dapat segera merealisasikan demi keberlangsungan pendidikan yang lebih maju dan tenaga pendidik yang berkompetensi.

Raden Mas Suwardi Suryaningrat atau biasa di kenal dengan sapaan Ki Hajar Dewantara sebagai Bapak Pendidikan Indonesia mengatakan. “ Ing ngarso sung tulodo, Ing madyo mangun karso, Tur wuri handayani.” Didepan memberikan teladan, ditengah membangun kekuatan  dan terus berkarya, dibelakang memberi dorongan.

Selamat Hari Guru Nasional 2021. Pendidikan harus berdasarkan kebudayaan dan jati diri bangsa Indonesia Guru adalah prajurit yang mengawal muridnya menjadi generasi penerus bangsa. Orang yang mempunyai kecerdasan budi pekerti itu senantiasa memikir-mikirkan dan merasa-rasakan serta selalu memakai ukuran, timbangan dan dasar-dasar yang pasti dan tetap. (Oleh : Badri Tamami)

Penulis adalah Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Universitas Islam As-Syafi’iyah & Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) FAI UIA.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel