5 Manfaat Aplikasi Ruangguru Bagi Siswa

5 Manfaat aplikasi ruangguru bagi siswa - Aplikasi bimbel online Ruangguru telah dirasakan manfaatnya oleh jutaan penggunanya. Terbukti dengan meningkatnya jumlah pengguna aplikasi Ruangguru dari tahun ke tahun.

Dari informasi yang ada per Desember 2020, aplikasi bimbel online ini telah melayani lebih 22 juta pengguna di Indonesia.

Pada tahun sebelumnya, jumlah pengguna aplikasi Ruangguru lebih 15 juta pengguna.

Peningkatan jumlah pengguna hampir mencapai 50 % dan ini juga disebabkan karena adanya kasus Pandemi Covid-19 sekitar bulan Maret 2020.

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) harus dilakukan agar proses pendidikan tidak terhenti. Siswa belajar dari rumah, memperoleh materi pelajaran secara online melalui media yang ada.

PJJ yang diterapkan akhirnya banyak mengalami berbagai kendala terutama bagi siswa. Materi pelajaran kurang dipahami siswa dengan sistem daring. 

Justru siswa cenderung mendapatkan tugas dan PR tanpa penjelasan memadai dengan jumlah banyak. 

Kondisi ini disikapi oleh pihak Ruangguru dengan berbagai inovasi dan kreasi teknologi pendidikan. 

Tidak heran jika Ruangguru meluncurkan berbagai produk dan fitur beraneka ragam untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa pada PJJ.

Beberapa produk yang telah ada pada aplikasi Ruangguru adalah sekolah online gratis, Ruangkelas, Ruangbelajar, Ruanglesonline, skill acdemy dan lain sebagainya.

Lalu, apa manfaat aplikasi Ruangguru serta dampaknya terhadap proses dan hasil belajar siswa?

Dari testimoni ruangguru diketahui bahwa pengguna terutama para siswa, terungkap bahwa belajar melalui aplikasi bimbel online Ruangguru telah berdampak terhadap proses dan hasil belajar siswa.

1. Materi pelajaran mudah dipahami

Materi pelajaran yang diberikan oleh guru atau tutor mudah dipahami siswa. Selain itu materi pelajaran lengkap dan sesuai dengan program dan kurikulum pendidikan yang berkaku.

Semua materi pelajaran itu dapat didownload kembali dengan hemat kuota. Siswa dapat mendokumentasikan dan mengulang kembali materi pelajaran yang tersaji di aplikasi Ruangguru.

2.Belajar lebih menyenangkan

Belajar melalui aplikasi Ruangguru sangat menyenangkan karena menggunakan media menarik.

Materi pelajaran disampaikan dengan format video pembelajaran beranimasi, dokumen PDF, doc, jpg dan tautan situs sumber belajar. 

3. Waktu belajar lebih fleksibel

Siswa dapat belajar pada jadwal dan waktu yang fleksibel sehingga tidak mengganggu aktivitas utama selama di rumah.

Artinya siswa dapat memilih jadwal belajar yang sudah disediakan sesuai keinginan.

3.Tugas dan PR didampingi tutor

Materi pelajaran disertai dengan latihan soal untuk menguji daya serap siswa. Kemudian ada bahan tugas dan PR.

Siswa lebih mudah mengerti soal-soal tugas dan PR. Dapat dikerjakan langsung oleh siawa dibawah bimbingan tutor. 

Selain itu para tutor akan menjelaskan secara detail bagaimana penyelesaiannya.

4.Mengetahui hasil belajar

Siswa dapat mengetahui hasil belajar di aplikasi Ruangguru dengan cepat. Hal ini akan bermanfaat bagi siswa untuk persiapan ujian di sekolah.

Siswa yang menggunakan aplikasi Ruangguru, nilainya langsung naik. Bahkan banyak yang berhasil dalam mengikuti UTBK dan diterima di PT favorit.

5.Interaksi sosial

Pembelajaran di sekolah merupakan proses dan interaksi sosial. Aplikasi Ruangguru telah mengakomodir kebutuhan interaksi sosial itu dengan chat, kolom komentar serta live teaching.

Fitur chat telah membantu siswa berkomunikasi dengan teman di seluruh nusantara. Saling bertukar pikiran dan berdiskusi tentang pembelajaran dan materi belajar serta soal latihan, tugas dan PR.***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel