Pola Hidup Sehat Sebagai Investasi Berharga di Hari Tua

Pola hidup sehat sebagai investasi berharga di hari tua - Penyakit serius yang diderita seseorang akan membutuhkan biaya berobat yang sangat mahal di rumah sakit atau pelayanan medis agar dapat pulih kembali. Boleh jadi saat itu akan terasa betapa pentingnya menjaga pola hidup sehat sejak dini. Bisa juga disadari saat itu, pola hidup sehat sebenarnya sangat murah!

Semua orang pasti menginginkan hidup sehat sampai masa tuanya. Namun pada usia tua itu kadang-kadang menjadi titik kulminasi bagi seseorang untuk bertahan dari akumulasi penyakit sejak usia muda.

Itu sebabnya mengapa sering disarankan untuk menjalani pola hidup sehat sejak dini diusia muda. Sekaligus pola hidup sehat itu sebagai investasi penting di hari tua.

Dikatakan investasi penting, paling tidak karena dapat menghindari seseorang untuk membayar pelayanan kesehatan dan obat-obatan yang harganya semakin tinggi.

Berikut ini beberapa contoh bagaimana pola hidup sehat dalam kehidupan.

1. Menjaga pikiran dan hati

Tak jarang suatu penyakit berawal dari pikiran bahkan hati seseorang. Banyak pikiran dan penyakit hati sering menimbulkan efek psikosomatik bagi seseorang.

Oleh sebab itu alangkah senangnya jika seseorang selalu berpikir positif (positive thingking). Menjauhi sifat-sifat iri, dengki dan penyakit hati lainnya.

2. Pola menu sehat dan seimbang

Mengkonsumsi makanan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Asupan makanan tidak seimbang menjadi awal munculnya suatu penyakit. 

Kandungan karbohidrat dalam makanan menjadi sumber energi bagi tubuh. Nutrisi berupa protein berfungsi sebagai zat pembangun tubuh dan membentuk massa otot.

Begitu pula dengan kandungan lemak yang diperlukan dalam taraf yang diperbolehkan. Unsur vitamin lengkap serta mineral juga perlu. Namun yang penting adalah keseimbangan nutrisi tersebut serta sesuai porsinya.

3. Minum air putih

Air yang dikonsumsi tiap hari menjadi bahan untuk menjaga metabolisme tubuh. Termasuk memelihara kinerja organ ginjal.

Minum air putih sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas tubuh sehari-hari. Sehingga dapat mengatasi dehidrasi tubuh. 

4. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup tidak dibatasi pada alokasi jumlah jamnya. Namun yang penting adalah sesuai kebutuhan dan usia seseorang.

Disarankan orang dewasa tidur 8 jam sehari yang bisa diatur malam maupun siang. Tidur terlalu lama kurang baik namun kurang tidur juga tidak baik. Kebiasaan begadang tentu sangat merugikan diri sendiri.

Tidur yang cukup juga mengandung makna sesuai porsi istirahat dan aktivitas rutin.

5. Berolahraga yang cukup

Berolah raga yang cukup tidak mesti berlama-lama. Minimal setengah jam setiap hari, itu sudah bisa memenuhi pola hidup sehat dengan berolah raga.

Tubuh yang aktif bergerak akan mengeluarkan keringat dan itu dapat mengeluarkan toksin dari dalam tubuh melalui keringat.

Berjalan kaki atau berlari kecil di pagi hari merupakan contoh kegiatan yang dapat dilakukan dalam menjaga kesehatan tubuh.***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel