7 Penyebab WiFi Lemot dan Cara Mengatasinya

7 Penyebab wifi lemot dan cara mengatasinya - Bagi Anda yang sudah memasang WiFi personal di rumah akan berharap kelancaran dan kenyamanan dalam menggunakan jaringan Wifi tersebut.

Jika ternyata koneksi Wifi malah buruk dan lemot. Kegiatan browsing Anda pun akan terganggu.

Oleh sebab itu Anda perlu tahu apa saja penyebab Wifi lemot, cara mengatasinya serta mengamankan jaringan Wifi.

1. Posisi Router WiFi

Hal pertama paling memungkinkan sebagai penyebab lambatnya koneksi pada jaringan WiFi adalah lemahnya sinyal yang didapat oleh perangkat, baik itu smartphone, komputer, ataupun gadget lainnya.

Hal ini biasanya terkait dengan penempatan Router WiFi yang tidak tepat sehingga membuat sinyal yang ada tidak dapat menyebar dengan luas.

Oleh karena itu perhitungkan terlebih dahulu mengenai tempat/posisi untuk meletakkan Router WiFi.

Pilihlah posisi yang memang ideal sehingga sinyal dapat dengan maksimal menjangkau seluruh area sudut ruang di rumah Anda.

Sebagai contoh jika rumah Anda memang cukup luas dan terdapat banyak sekat pemisah antar setiap ruangannya maka Anda bisa menaruh Router WiFi di area tengah dari rumah Anda sehingga sinyal tidak akan keluar dari rumah melainkan dapat maksimal memenuhi setiap sudut ruang yang ada.

2. Koneksi yang buruk

Hal kedua yang dapat menjadi penyebab dari lemahnya sinyal WiFi adalah buruknya sinyal yang dikeluarkan.

Hal ini biasanya terkait dengan adanya gangguan dari ISP sehingga menyebabkan lemahnya koneksi.

Oleh karena itu apabila hal ini terjadi, Anda dapat segera menghubungi call center dari penyedia layanan WiFi terkait untuk menanyakan mengapa terjadi gangguan koneksi WiFi sehingga pihak penyedia layanan pun dapat segera memperhatikan jaringannya dan membenahi tiap-tiap kerusakan yang ada.

3. Firmware

Selanjutnya yang biasanya sebagai penyebab lemahnya koneksi WiFi adalah permasalahan pada firmware Router yang mana biasanya sudah terlalu lama sehingga perlu dilakukan update sistem.

Oleh karena itu lakukan pengecekan secara rutin terhadap firmware dari Router WiFi Anda, pastikan jika firmware tersebut sudah terupdate dengan aktual sehingga selalu berada dalam kondisi seri firmware terbaru. 

4. Memasuki batas maksimal penggunaan data

Perlu diketahui sebelumnya jika saat ini ada penyedia layanan WiFi yang memang membatasi jumlah pemakaian data internet dari WiFi sesuai dengan paket yang dipilih oleh pelanggan.

Hal ini yang kemudian membuat WiFi tetap dapat memancarkan sinyal koneksi internet namun dengan kecepatan yang sangat lamban.

Oleh karena itu Anda dapat memperhatikan terlebih dahulu paket yang dipilih untuk berlangganan WiFi, apakah disitu tertera bahwa data yang dapat digunakan adalah Unlimited tanpa batasan kecepatan ataupun sebaliknya, terdapat batas pemakaian dari WiFi tersebut. 

5. Aplikasi / software yang melakukan download secara otomatis

Jika Anda sedang melakukan streaming video ataupun mengunduh sebuah file namun kemudian secara tiba-tiba proses streaming maupun unduh tersebut melamban maka yang patut dicurigai adalah adanya beberapa aplikasi atau software yang melakukan download secara otomatis untuk mengupdate sistem tanpa pengetahuan sebelumnya kepada pengguna.

Hal ini biasanya terjadi pada aplikasi-aplikasi tertentu yang memang membutuhkan update secara berkala seperti misalnya antivirus dan VLC media player.

Oleh karena itu untuk menghentikan permasalahan ini Anda dapat lakukan setting pada aplikasi-aplikasi tersebut untuk menghilangkan proses download otomatisnya.

6. Setting koneksi

Kemudian hal selanjutnya yang dapat menjadi penyebab dari lemahnya koneksi atau sinyal dari WiFi adalah pengaturan dan konfigurasi yang kurang tepat pada sistem dari Router WiFi tersebut.

Oleh karena itu lakukan setting ulang pada Router WiFi dengan memaksimalkan frekuensi yang tersedia, biasanya frekuensi terbaik adalah berada di angka 2,4 Ghz. 

7. Perangkat lain yang mencuri data WiFi Anda

Setelah semua penyebab diatas sudah diperiksa dan dibenahi namun koneksi WiFi Anda tetap lemot.

Kemungkinan terakhir yang terjadi adalah adanya seseorang yang dengan sengaja menggunakan koneksi WiFi Anda tanpa ijin yang mana biasanya melalui aplikasi yang dapat membobol password WiFi Anda.

Oleh karena itu berikan pengamanan ekstra pada WiFi Anda. Jangan hanya pasrah pada password dari WiFi itu sendiri.

Anda juga dapat memberikan proteksi tambahan dalam bentuk aplikasi atau software yang saat ini sudah sangat banyak tersebar dan dapat diunduh secara gratis melalui berbagai website.

Demikianlah ulasan mengenai 7 penyebab dan cara mengatasi lemotnya koneksi WiFi.***