Hari Pertama Sekolah Dimulai, Ini Kegiatannya di SMPN 2 Lintau Buo

Hari pertama sekolah dimulai, Ini kegiatannya di smpn 2 lintau buo – Di lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Tanah Datar, Hari Pertama Sekolah (HPS) setelah libur awal puasa telah dimulai Selasa (5/4/22).

Hal itu sesuai surat edaran pihak Disdikbud Tanah Datar Tentang Jadwal dan Kegiatan Pembelajaran Tatap Muka selama bulan Ramadhan 1443 H/2022 M pada PAUD, SD dan SMP.

Kepala SMPN 2 Lintau Buo Syafrida SPd dalam pengarahannya di hadapan siswa kelas 7, 8 dan 9 di halaman kantor majelis guru mengingatkan kembali agar siswa belajar dengan baik meski dalam keadaan berpuasa.

“Terutama siswa kelas 9 yang akan mengikuti Ujian Akhir Sekolah dari 18 sd 26 April 2022, ikuti pelajaran dengan baik karena guru akan memberikan materi esensial ujian akhir sekolah,” ujar kepala sekolah antara lain.

Kepala sekolah juga mengingatkan siswa belajar di rumah dengan memperhatikan kisi-kisi soal ujian, kemudian contoh soal dan pembahasannya.

Siswa akan belajar di sekolah mulai dari pukul 08.00 sampai 12.00 Wib dan diakhiri dengan sholat Zuhur berjamaah di Musholla Nurul Ilmi SMPN 2 Lintau Buo.

Di sisi lain, kehadiran guru dan pegawai di HPS cukup baik. Namun di pihak siswa belum mencapai 90 %. 

Hal ini dapat dimaklumi karena sebagian siswa baru memulai puasa sehari sebelumnya. 

Selain itu ternyata siswa masih ada yang kurang informasi tentang HPS di bulan Ramadhan disamping faktor malas datang ke sekolah.

Kegiatan utama belajar

Kegiatan utama dan rutin belajar tatap muka selama bulan Ramadhan adalah tadarus dan tahfizh diawal pembelajaran.

Kemudian dilanjutkan dengan pembahasan materi esensial dan latihan oleh setiap guru mata pelajaran sesuai jadwal harian.

Kegiatan pembelajaran ditutup dengan sholat Zuhur berjamaah di Musholla Nurul Ilmi SMPN 2 Lintau Buo.

Brifing majelis guru

Sementara itu pada siang harinya dilaksanakan briefing majelis guru yang dipimpin langsung kepala sekolah.

Dalam kegiatan briefing juga dilaksanakan pembubaran panitia Pelaksana Semarak SMPN 2 Lintau Buo. 

Sebelumnya ketua Panitia Pelaksana Triyanda Putra SPd menyampaikan laporan pelaksanaan dan keuangan.

Selanjutnya briefing membahas kegiatan pembelajaran tatap muka selama bulan Ramadhan. Sekaligus pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah yang akan diselenggarakan 18 sd 26 April 2022 mendatang.***