Tujuan dan Manfaat Pemberian Reward pada Siswa
Tujuan dan manfaat pemberian 'reward' pada siswa – Sudah menjadi tradisi di sekolah. Penerimaan rapor didampingi oleh orangtua siswa, kemudian saat itu juga diumumkan nama siswa pemuncak atau juara kelas.
Biasanya pemuncak kelas yang diumumkan itu, juara 1, 2 dan 3 tampil di muka umum. Cara ini sudah termasuk salah satu bentuk pemberian reward verbal dari sekolah.
Pengumuman peringkat siswa dan tampil di muka umum, dilanjutkan dengan pemberian reward berupa tropi, hadiah maupun piagam/sertifikat.
Hal itu tergantung pada kondisi sekolah masing-masing.
Kalau reward ini disebut sebagai reward non-verbal dalam wujud materi.
Prestasi belajar siswa tidak hanya di bidang intrakurikuler tetapi juga prestasi di bidang ekstrakurikuler.
Jadi, prestasi belajar siswa terbagi dua, prestasi intra-kurikuler (akademik) dan ekstra-kurikuler (non-akademik)
Prestasi intra-kurikuler adalah hasil belajar yang diperoleh melalui kegiatan pembelajaran di ruang kelas.
Sedangkan prestasi ekstra-kurikuler adalah hasil belajar dalam kegiatan lomba dan pertandingan.
Misalnya lomba dan pertandingan dalam kegiatan classmetting, kepramukaan, OSN, O2SN, FL2SN dan lain sebagainya.
Tujuan dan manfaat
Reward (penghargaan) adalah tindakan sebagai apresiasi yang diberikan kepada orang atau kelompok yang telah melakukan/meraih sesuatu yang terbaik.
Siswa secara perorangan maupun berkelompok juga mendapatkan reward, jangka pendek maupun jangka panjang.
Reward yang diberikan kepada siswa yang telah berprestasi merupakan reward jangka panjang dalam bentuk piala, hadiah dan serifikat.
Sementara reward jangka pendek merupakan penghargaan verbal melalui pujian dan aplaus.
Reward ini merupakan penguatan positif yang dilakukan saat terjadinya proses pembelajaran.
Secara umum dapat dikatakan, pemberian reward kepada siswa bertujuan untuk menguatkan hal positif yang dilakukan dan dicapai siswa dalam waktu tertentu.
Sedangkan manfaat pemberian reward kepada siswa antara lain dapat meningkatkan motivasi belajar, berbuat yang terbaik dan mendorong kreativitas siswa.
Materi reward yang diberikan kepada siswa tidak mesti diukur dari nilai finansial.
Namun perlu disesuaikan dengan keadaan sekolah. Kemudian diumumkan dan diberikan pada tempat dan waktu yang tepat.***