Dari Festival Pesona Budaya Pangian, Pengunjung Membludak!

Dari festival pesona budaya pangian, pengunjung membludak! - Gerimis kecil yang menyirami bumi Pangian tak menyurutkan animo pengunjung untuk menyaksikan agenda kegiatan hiburan alek nagari Rang Pangian Nan Elok Baso.

Masyarakat di Lintau Buo dan sekitarnya tetap antusias berkunjung ke arena Festival Pesona Budaya Pangian 2022 di Kompleks Kantor Camat Lintau Buo, Minggu malam (16/10/22).

Selain untuk menyaksikan penampilan dan atraksi kolaborasi musik ansambel Sanggar Tiga Dara juga ingin melihat langsung bintang tamu Uria Novita dan Jusnia.

Atraksi sanggar tiga dara 

Kegiatan hiburan malam di arena Festival Pesona Budaya Pangian diawali dengan penampilan dan atraksi Sanggar Tiga Dara Pangian.

Tari Lintau Barotan mengawali kegiatan hiburan dan membuat mata pengunjung tertuju pada kelincahan para penari.

Trio bunda dari Sanggar Tiga Dara, Herlina Suryanti SPd, Nofrianti SPd dan Elfianti SSn menghibur penonton melalui lagu Sayangi Denai.

Tari rantak piriang

Pengunjung menjadi terpana ketika atraksi musik ansambel dan Tari Rantak Piriang dimulai.

Atraksi api dengan obor yang ditampilkan membuat suasana sedikit mencekam.

Para pemain atraksi membuat suasana malam jadi terang karena semburan mulut membuat kepulan api obor mengepul besar di udara.

Penutupan ditunda

Camat Lintau Buo Afrizal SE dalam sambutannya ketika memulai kegiatan hiburan mengatakan sangat terkesan penyelenggaraan festival.

“Menurut saya Festival Pesona Budaya Pangian yang paling spektakuler dan sukses diantara penyelenggaraan Program Unggulan Satu Nagari Satu Event .” tutur camat.

Menurut camat yang akrab disapa Ayah, indikasinya adalah prosesi Pembukaan Festival Pesona Budaya Pangian yang begitu spektakuler.

Pembukaan dihadiri oleh pejabat di tingkat OPD kabupaten dan provinsi. Bahkan ada pejabat di provinsi lain seperti Riau dan Aceh.

Tidak ketinggalan peragaan seni dan budaya masyarakat Nagari Pangian Lintau Buo.

“Berdasarkan saran dan masukan dari masyarakat Pangian maka Festival Pesona Budaya Pangian diperpanjang satu hari, “ ucap  Camat Lintau Buo yang diiringi aplaus oleh pengunjung.

Camat Lintau Buo bersama elemen masyarakat Pangian telah menggagas penyelenggaraan atau even Pasar Rakyat Pangian Tempo Doeloe.

Tentu saja gagasan ini tak lepas dari tema Festival Pesona Budaya Pangian, Menghidupkan Seni Budaya Pangian Tempo Doeloe.

Ketua Pelaksana Festival Pesona Budaya Pangian Amuri Solaia menyebut Pasar Controller atau Pasa Gaduang Putiah.

Ia optimis event ini akan terwujud dan memenuhi misinya untuk menghidupkan seni dan budaya Pangian masa lalu sekaligus meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Nagari Pangian.***