Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022 dalam Dimensi Pembelajaran Bagi Siswa

Peringatan hari sumpah pemuda ke- 94 tahun 2022 dalam dimensi pembelajaran bagi siswa – Tanggal 28 Oktober setiap tahun diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Setiap tahun pula pemerintah menetapkan logo dan tema peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Tahun 2022 ini sudah menginjak peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke- 94. Pemerintah, seperti dikutip dari Kemensetneg RI mengusung tema, 'Bersatu Bangun Bangsa'.

Ikrar Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 merupakan salah satu pilar sejarah pergerakan kemerdekaan dan berdirinya Republik Indonesia.

Sumpah Pemuda adalah sebuah keputusan dalam Kongres Pemuda Kedua tanggal 28 Oktober 1928 di Batavia (Sekarang Jakarta).

Isi keputusan itu menjadi ikrar setia para pemuda untuk menggelorakan semangat persatuan serta cita-cita tentang tanah air, bangsa dan bahasa Indonesia.

Hal tersebut dapat dibaca pada kutipan berikut :

Sumpah Pemoeda

Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Apa makna peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke- 94 ini Tahun 2022 ini?

Bangsa Indonesia tentu akan memaknainya dengan beragam.

Namun yang pasti, peringatan Hari Sumpah Pemuda akan mengingatkan kembali seluruh masyarakat Indonesia betapa pentingnya rasa persatuan dan kesatuan dalam mencapai, menegakkan dan mengisi kemerdekaan.

Mengisi kemerdekaan berarti membangun bangsa di berbagai lini kehidupan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Indonesia.

Semua elemen bangsa berperan penting dalam membangun bangsa sesuai tugas dan fungsinya.

Siswa merupakan salah satu elemen bangsa. Sebagai generasi penerus bangsa, siswa dapat menjalankan amanat orangtua untuk belajar dengan rajin dan tekun.

Sebaliknya menghindari sikap dan tingkah laku yang merusak nilai-nilai kebhinekaan. 

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke- 94 Tahun 2022 ini menjadi momentum tepat bagi para siswa sebagai wahana pembelajaran karakter dan profil Pelajar Pancasila.

Mungkin akan menjadi  sebuah upaya dalam  mewujudkan nilai-nilai Sumpah Pemuda. Para siswa perlu menghafal kembali teks Sumpah Pemuda.

Kemudian menghayati makna dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari di sekolah, rumah dan di lingkungan masyarakat.***