Tips dan Cara Mengatasi Sifat Malas

Tips dan cara mengatasi sifat malas - Semua orang pasti pernah merasakan sifat yang namanya malas, membuat kita berat untuk melakukan sesuatu. Tidak jarang atau bahkan seringkali menunda-nunda pekerjaan yang sebenarnya penting buat hidup kita.

Ilustrasi gambar (pixabay.com)

Atau biasanya kita memang suka mengerjakan sesuatu pekerjaan di akhir tenggang waktu yang sudah dikasih.

Jadinya kita sering menunda-nunda pekerjaan yang akan membuat kemalasan itu akan menjadi bagian dalam diri kita.

Apabila kita tengah dilanda malas sebaiknya jangan terlalu lama terbuai dalam rasa malas tersebut akhirnya justru membuat kita semakin tidak produktif dan bisa memanfaatkan hari dengan hal-hal yang tidak bermanfaat.

Musuh terbesar kita sebenarnya bukan orang lain tapi diri kita sendiri, yaitu dengan cara melawan rasa malas di dalam diri kita.

Ketika kita sudah punya alasan kenapa kita harus melakukan itu, karena alasan itu akan hilang di mana sumber itu berasal dari diri kita sendiri.

Dengan cara kita mengetahui atau menemukan alasan utamanya maka rasa malas itu bisa hilang. 

Selain itu, ketika kita berusaha terlalu keras maka akan menghabiskan banyak tenaga yang membuat kita menjadi malas dan tidak konsisten sehingga banyak waktu terbuang karena rasa malas tersebut.

Kalau kita sering mempelajari dan mengulang sesuatu setiap harinya kita bakal jadi lebih menguasai hal yang kita pelajari dan tidak mudah lupa terhadap hal yang kita kerjakan.

Kemampuan mengingat seseorang akan menurun drastis kalau cuma mendapatkan informasinya hanya sekali.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini adalah tips bagaimana cara mengatasi rasa malas sebagai berikut :

1.Tidak Menunda Sesuatu 

Menunda-nunda pekerjaan apa yang harus kita lakukan yang akan membuat kita menjadi seorang pemalas misalnya, ketika melakukan pekerjaan kita akan cenderung akan melakukan hal yang sama secara terus-menerus.

Salah satu contohnya ketika kita bangun di pagi hari kita pasti akan memilih untuk bangun atau tidur lagi pasti rata-rata kebanyakan orang mungkin lebih memilih untuk kembali tidur dan mematikan alarm.

Padahal kemauan bisa muncul dan mengalir setelah kita melakukan hal yang kecil tersebut misalnya, kita memilih untuk tidak mematikan alarm lalu bangun dan pergi untuk mandi kemudian beraktivitas.

Begitu pula dengan rencana-rencana di hidup kita. Ketika kita sudah memulai sebuah langkah kecil otomatis langkah berikutnya menuju hal-hal besar akan mengalir menjadi rutinitas tanpa sadar di kemudian hari.

Maka ketika kita sudah sukses dan kita akan menyadari bahwa banyak sekali langkah yang harus kita lalui sampai sekarang.

2.Membuat Target 

Untuk menghilangkan rasa malas juga harus membuat target atau goals yang jelas misalnya, tahun ini kita punya target ingin menjadi peringkat satu di kelas maka kita berarti harus membuat resolusi dan akan berjuang mati-matian untuk bisa mendapatkan peringkat nomor satu di kelas.

Jika kita punya target itu berarti kita harus melakukan usaha tersebut dengan belajar dengan rajin sehingga kita bisa mendapatkan apa yang kita inginkan.

Contoh yang lain misalnya, besok kita ingin bangun pagi karena mengharuskan untuk datang lebih awal karena adanya kegiatan kampus ketika ada keinginan itu maka secara otomatis kita sudah setting target dengan jelas dengan begitu secara tidak langsung kita memberikan sebuah pesan ke dalam otak bahwa besok harus bangun pagi. 

3.Membuat Vanishment

Selain menetapkan target juga bisa membuat vanishment atau hukuman. Hal ini dilakukan sebagai konsekuensi.

Jika kita malas bekerja atau belajar hukuman ini biasanya sangat efektif untuk diterapkan.

Selain itu hukuman bisa kita buat sendiri dengan mengurangi hal-hal yang kita sukai misalnya, ketika kita malas mengerjakan tugas maka kita harus rela mengurangi waktu bermain untuk menyelesaikan tugas tersebut. 

4.Belajar Satu Menit 

Ketika kita belajar satu menit yang dilakukan setiap hari maka kita akan terbiasa dengan belajar satu menit ini yang mengajarkan konsistensi yang berawal dari satu menit menjadi dua menit dan seterusnya.

Hal ini terjadi ketika kita mengulang-ulang suatu kegiatan secara terus menerus maka dalam rentang waktu lumayan panjang lalu terekam di dalam long-term memories secara tidak langsung, otak kita akan menjadi alarm sebagai pengingat.

Nah, jadi ketika kita sudah terbiasa dengan prinsip ini yaitu dengan cara mengulang kegiatan yang sudah kita lakuin kegiatan sebelumnya maka kita jadi terbiasa dengan belajar satu menit ini.

5.Berolahraga

Rasa malas juga bisa muncul karena tubuh yang kurang prima jadi tidak ada salahnya jika kita membuat kebiasaan baru untuk berolahraga setiap pagi, selain membuat tubuh menjadi lebih sehat olahraga juga dipercaya mampu membuat orang menjadi lebih semangat, antusias serta terhindar dari pikiran negatif untuk itu usahakan selalu menyempatkan waktu untuk berolahraga setiap pagi, tidak perlu melakukan olahraga yang menguras tenaga cukup melakukan jogging di pagi hari sampai 15 menit saja sudah cukup, lebih dari itu tentu akan lebih baik. Jika kita ingin menghilangkan rasa malas maka lebih baik kita mulai menyempatkan waktu untuk berolahraga di pagi hari sebelum memulai aktivitas rutin atau pekerjaan lainnya.

Nah, itu tadi lima tips cara mengatasi rasa malas semoga bisa membantu kalian untuk mengatasi rasa malas tersebut.

Kunci utama untuk mengatasi kemalasan adalah melawan rasa malas dengan cara memaksakan diri kita supaya bisa menjadi kebiasaan dan secara otomatis kita dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik.*** (Penulis : Vina Faza Malika, Mahasiswa UNS).