3 Curhatan Anak Kost

3 Curhatan Anak Kost - Halo sobat Matra Pendidikan. Yang lagi baca artikel ini pasti mayoritas anak kost ya? Ngomong-ngomong masalah kost, kalian tahu nggak sih, ternyata anak kost itu beragam, ada beberapa tipikal anak kost lho.

Ilustrasi gambar (freepik.com)

Ada yang rumahnya nggak terlalu jauh tapi pengen ngekost dan ada yang terpaksa ngekost karena rumahnya jauh.

Hal itu sering terjadi di kalangan mahasiswa. Tapi, menurutku jadi anak kost itu ada plus minusnya lah ya.

Emm enaknya sih mental full senyum, tapi untuk kebutuhan sehari-harinya sedikit menyedihkan juga ya hehe.

Ya begitulah kehidupan anak kost yang banyak drama, senang sedih dinikmati sendiri, tapi seru banget lho guys.

Terus apa aja sih keluh kesah anak kost? Yuk, baca artikelnya sampai akhir!

1.Homesick di awal ngekost

Ini pasti relate banget sama mahasiswa yang pada ngekost, apalagi yang terpaksa ngekost karena rumahnya jauh.

Kalo menurutku, homesick itu merupakan fase menuju pembiasaan, yang awalnya hidup seatap dengan orang tua, lalu harus berpisah karena pendidikan.

Awalnya sih percaya diri banget mau ngekost, kebayang kan ya gimana senangnya jadi anak kost, apalagi yang punya strict parents pasti pengen banget bisa main kemanapun tanpa ada yang ngatur, bisa pulang malam, dan lain-lain.

Tapi yang aku rasain pas semakin dekat waktu buat ngekost tuh berkebalikan, yang awalnya ingin sekali ngekost tapi semakin menuju waktunya ngekost jadi berat banget buat meninggalkan rumah.

Awal-awal ngekost homesick, tiap hari nangis, pengen pulang, kangen keluarga, kangen masakan ibu, dan lain-lain. Tapi fase homesick itu akan terlewati dengan sendirinya, karena lama kelamaan jadi terbiasa buat hidup sendiri.

2.Mikir “Besok makan apa ya?”

Kalo yang ini pasti udah pada tau ya? Biasanya kalo lapar tinggal makan nggak perlu mikir “mau makan ya?” Tapi nggak semua anak kost seperti ini ya guys.

Ada yang konsepnya hari ini ya hari ini, besok ya besok, jadi dibikin santai gitu. Kalo dengar cerita dari teman-teman, mayoritas anak kost sarapan sama makan siang tuh jadi satu biar irit dan nggak ribet, tapi kembali lagi ke awal bahwa tidak semua mempunyai pemikiran yang sama.

Oh ya, mayoritas anak kost juga mendadak jadi bule loh guys, tau nggak kenapa? Karena sarapan nya roti hehe. Jadi, anak kost itu punya selera dan tipikal nya masing-masing ya guys.

3.Uang bulanan habis di awal

Pasti kalian sering kan ngalamin kayak gini, masih awal bulan tapi uangnya udah mau habis nih, biasa lah ya anak kost kalo habis dapat transferan buru-buru pengen checkout keranjang shopee.

Selain itu, saat awal bulan pasti sering makan di luar, rasanya tuh tiada hari tanpa jajan. Tapi pas akhir bulan bingung mau makan apa, soalnya uangnya terbatas hehe dan uang tuh jadi kayak lebih berharga daripada pas awal bulan, mau beli cilor aja mikir nya lama banget ya kan guys hehe.

Mayoritas anak kost sih makan indomie di akhir bulan guys. Kalo ini sih ceritanya bersenang-senang dahulu, bersusah-susah kemudian ya guys hehe, tapi gapapa nikmatin aja.

So, buat yang mau ngekost, persiapkan diri dan mental kalian sebaik mungkin sebelum ngekost dan pertimbangkan lagi ya jika kalian mau ngekost, karena ya ngekost tuh nggak se asik seperti yang kita bayangkan sebelumnya hehe, tapi tetap seru kok guys.

Buat anak kost, keep spirit ya kalian semua hebat!

Semoga kuat sampai tamat ya guys.***(Oleh : Nadia Fatikah Aristawati, Mahasiswa Universitas Sebelas Maret).