5 Ide Kegiatan Produktif Mahasiswa Baru untuk Mengisi Waktu Luang

5 Ide kegiatan produktif mahasiswa baru untuk mengisi waktu luang - Biasanya, mahasiswa baru atau Maba, kerap dituntut jadi produktif. Bahkan mereka tak ragu mengikuti ragam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan organisasi-organisasi kemahasiswaan agar produktif.

Ilustrasi gambar (freepik.com)

Alih-alih produktif, mahasiswa malah bisa mengalami stres dan tertekan terhadap kegiatan yang bermacam-macam dan sulit dalam membagi waktu.

Banyak pilihan kegiatan untuk mahasiswa baru yang menarik untuk dilakukan. Selain untuk mengasah skill, mengikuti kegiatan dapat membantu kamu menambah banyak teman dan juga melatih manajemen waktu serta manajemen konflik yang berguna di masa depan.

Berikut 5 ide kegiatan untuk mahasiswa baru yang patut dicoba.

1. Membaca buku

Mahasiswa pasti setuju pada anggapan bahwa buku pelajaran memang kurang menarik atau bisa dibilang membosankan untuk dibaca bila dibandingkan dengan buku-buku lain, misalnya novel.

Untuk mengisi waktu luang, kamu bisa membaca buku apa pun yang kamu suka bila ingin lebih produktif.

Kamu bisa membaca buku di waktu yang sebentar seperti hitungan menit atau bisa sampai berjam-jam.

Dengan membaca buku, kamu bukan hanya bisa mengisi waktu luang, tapi kamu juga bisa mendapat pengetahuan baru yang tidak kamu dapat selama kuliah atau masa sekolah.

Kamu juga bisa melatih diri supaya fokus dan konsentrasi kamu jadi lebih meningkat. Tidak lupa juga pastinya buku bisa menjadi hiburan untuk kamu yang merasa bosan.

2. Mencoba hobi baru

Mungkin kamu sebenarnya punya hobi yang biasa kamu lakukan di waktu luang sebelum kamu punya kesibukan saat kuliah.

Pada akhirnya hobi tersebut menjadi jarang kamu lakukan karena tidak sempat. Kamu bisa mulai mengisi waktu luang dengan melakukan hobi yang sering kamu lakukan dulu atau coba melakukan hobi baru yang sedang kamu minati.

Dengan tetap melakukan aktivitas dan melakukan hobi secara bersamaan, bisa membuat hidupmu menjadi lebih seimbang dan tidak melulu diisi dengan kegiatan yang wajib kamu lakukan.

Kamu juga bisa mengisi waktu luang dengan mengikuti lomba-lomba yang sesuai dengan hobi yang kamu minati.

3. Merapikan kamar kost

Terkadang, dengan banyaknya kegiatan yang harus dilakukan membuat kita jadi kurang memperhatikan lingkungan kost yang berantakan dan tidak terurus.

Memang rasanya sulit dan malas untuk merapikan kost di saat masih banyak tugas yang harus diselesaikan dan lelah setelah melakukan kegiatan kuliah di kampus, dan jika harus merapikan pasti akan sangat melelahkan.

Tapi di sisi lain, meskipun kamu bukan termasuk orang yang rajin bersih-bersih, pasti ada saatnya kamu harus merapikannya.

Kamu bisa coba untuk merapikan saat ada waktu luang, dengan merapikan kost, kamu bisa akan merasa lebih nyaman dengan ruangan yang lebih tertata,bersih dan rapi saat mengerjakan tugas ataupun beribadah di kamar kost.

4. Volunteer

Melatih empati, menambah teman, dan meningkatkan kepercayaan diri adalah tiga hal yang lekat dengan manfaat mengikuti kegiatan volunteer.

Banyak yang tidak memahami pentingnya melatih empati. Padahal dengan empati, seseorang dapat dengan mudah menjalin hubungan dengan orang baru.

Karena empati memerlukan aksi nyata, kamu juga dapat meningkatkan kepercayaan diri melalui kegiatan ini. Untuk kamu yang memiliki jiwa sosial, kegiatan ini sangat cocok buat kamu.

5. Olahraga

Terlalu sering di depan layar gadget dan kurang gerak tentu tidak baik untuk tubuh kita. Dengan melakukan olahraga ringan kita bisa tetap menjaga tubuh dan kesehatan.

Sering bergerak juga membuat kamu bisa meningkatkan energi dalam diri dan lebih nyenyak saat tidur di malam harinya dan segar di waktu pagi harinya.

Kamu bisa melakukan olahraga yang ringan saja contohnya jogging atau lari di lingkungan sekitar kampus***( Dikirim oleh : Az Zahra Athaya Rabbani V1022011).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel