Tips Ampuh Belajar Ujian Semester

Tips ampuh belajar ujian akhir semester - Ujian Akhir Semester (UAS) sudah dimulai, mulai dari siswa SD, SMP, SMA, bahkan bagi para mahasiswa. Banyak dari kita yang mungkin kesulitan dalam belajar menjelang ujian. Apalagi bagi kita yang sering terdoktrin jika ujian itu wajib mendapatkan nilai sempurna.

Ilustrasi gambar (pixabay.com)

Untuk itu kalian perlu mengetahui apa saja yang harus dilakukan agar ujian kita bisa berjalan lancar.

Saya ingin berbagi tips belajar bagi teman-teman pembaca berdasarkan hal-hal yang sudah sering saya terapkan hingga saat ini.

Rewind 

Rewind atau memutar ulang, maksudnya adalah kita harus membuka kembali materi-materi yang pernah kita pelajari. Kita bisa mulai membaca ulang atau mungkin memahami kembali hal-hal yang sudah terlupakan.

Kita bisa menggunakan metode membaca yang menjadi kebiasaan, misalnya saya pribadi lebih senang membaca sembari memberi bold pada materi penting menggunakan stabilo.

Membuat Catatan 

Membuat catatan, bagi saya membuat catatan itu penting karena dengan mencatat saya akan lebih mudah mengingat materi yang dipelajari.

Membuat catatan juga membantu kita untuk meringkas isi materi, karena catatan biasanya hanya berisi poin-poin penting saja.

Untuk lebih memudahkan kita dalam belajar ada baiknya catatan yang kita buat diberi aksen warna agar enak dipandang dan tidak membosankan.

Menonton Video Pembelajaran

Menonton video pembelajaran, apabila dengan membaca dan membuat catatan kita masih belum bisa mengingat materi yang lalu, saya anjurkan untuk menonton video pembelajaran.

Video ini bisa kita akses dengan mudah melalui media online yang sering kita jumpai. Biasanya dengan menonton video kita akan lebih mudah paham mengenai materi tersebut.

Berlatih Soal

Berlatih soal, hal ini sangat penting untuk dilakukan karena dengan berlatih kita bisa mengasah kembali kemampuan kita. Dengan berlatih soal kita juga bisa tau materi mana yang sekiranya masih belum bisa dikuasai.

Untuk mencari latihan soal ini kita bisa mencoba berlatih dari materi yang pernah kita pelajari sebelumnya.

Belajar Kelompok

Belajar kelompok tentu bukan hal asing lagi bagi kita, disini hal lain yang perlu dilakukan adalah belajar kelompok atau bisa dibilang belajar bersama teman.

Saya sangat menganjurkan hal ini karena menurut saya belajar bersama teman akan lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

Kita juga bisa bertanya kepada teman apabila menemukan materi yang tidak bisa dipahami. Selain itu belajar bersama teman dapat meningkatkan niat untuk berkompetisi di ujian nanti.

Mungkin ketika belajar kita saling membantu, namun ketika ujian kita akan berkompetisi untuk meraih nilai sebaik-baiknya.

Tidur Cukup

Terakhir adalah tidur cukup, bagi saya tidur cukup merupakan bagian dari belajar ketika akan ujian. Dengan tidur yang cukup (7-8 jam) otak kita akan lebih fresh.

Apabila kita kurang tidur maka otak kita akan lelah karena kita memaksa untuk terus menerus bekerja. Sedangkan tidur berlebihan juga mengakibatkan otak kita lebih malas untuk berpikir karena terlalu lama beristirahat.

Jadi tidur dengan waktu yang cukup adalah salah satu tips belajar bagi saya. 

Nah, mungkin enam tips yang saya berikan bisa kalian terapkan untuk menunjang proses belajar selama UAS.

Namun ada baiknya jika kalian sesuaikan juga dengan metode belajar efektif yang menjadi dasar proses belajar kalian.

Semoga dengan adanya tips ini kita bisa mendapatkan hasil yang memuaskan di akhir semester kali ini.*** (Oleh : Yesika Meliana, Mahasiswa Universitas Sebelas Maret).