Metode dan Teknik Pendidikan Kepramukaan di Sekolah
Metode dan teknik pendidikan kepramukaan di sekolah – Pendidikan kepramukaan menjadi kegiatan ekstrakurikuler wajib di sekolah. Artinya, kegiatan ekstrakurikuler ini harus diikuti oleh seluruh siswa di suatu sekolah.
Hal ini merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) RI Nomor 63 Tahun 2014.
Dalam Permendikbud RI ini disebutkan bahwa pendidikan kepramukaan dilaksanakan melalui 3 model, yaitu Model Blok, Model Aktualisasi dan Model Reguler.
1.Model Blok
Model blok adalah model kegiatan wajib dalam bentuk perkemahan dan dengan melakukan penilaian umum.
Dapat dilakukan tiap semester atau minimal sekali dalam setahun.
2.Model Aktualisasi
Model Aktualisasi adalah model dengan penerapan sikap dan keterampilan yang dilaksanakan dalam kelas secara rutin, terjadwal dan diberikan penilaian formal.
3.Model Reguler
Model reguler adalah kegiatan sukarela berbasis minat yang dilaksanakan di Gugus Depan (Gudep).
Pendidikan kepramukaan merupakan perpaduan proses pengembangan nilai, sikap dan keterampilan.
Pola kegiatan pendidikan kepramukaan diwujudkan dalam bentuk upacara dan keterampilan kepramukaan.
Bagaimana penilaian pendidikan kepramukaan?
Penilaian dalam pendidikan kepramukaan dilaksanakan dengan penilaian otentik mencakup penilaian sikap dan keterampilan.
Penilaian sikap dilakukan dengan berdasarkan pengamatan, penilaian diri, dan penilaian teman sebaya.
Sedangkan penilaian keterampilan dilakukan dengan menggunakan penilaian unjuk kerja.
Penilaian sikap dan keterampilan tersebut menggunakan jurnal pendidik dan portofolio.
Demikian sajian singkat tentang metode dan teknik pendidikan kepramukaan di sekolah.***