Memanfaatkan Gadget untuk Kreatifitas Positif di Kalangan Siswa

Memanfaatkan gadget untuk kreatifitas positif di kalangan siswa – Hampir di setiap ada kesempatan, saya berbicara pada siswa dan orangtua siswa tentang pemanfaatan gadget. Keluhan guru dan orangtua siswa kerap tentang kemalasan anak dalam belajar. Dan, salah satunya karena pengaruh handphone.

Ilustrasi gambar (pixabay.com)

Keseharian siswa memang sulit atau tidak bisa dilepaskan dari perangkat teknologi yang disebut gadget atau gawai.

Memang teknologi informasi perangkat ini semakin berkembang. Dilengkapi dengan berbagai fitur dan aplikasi yang sudah dirancang untuk menarik perhatian penggunanya.

Terlepas dari dampak positif dan negatif gawai bagi siswa. Guru maupun orangtua hanya bisa mengarahkan anak untuk memanfaatkan gawai pada hal-hal positif dan produktif.

Sebaliknya akan sulit untuk memisahkan mereka dari gadget yang sudah dibelikan untuk anak!

Bahan dan sumber belajar 

Menjadikan gadget sebagai sumber dan bahan belajar bagi anak adalah saran konvensional dari guru maupun orangtua. 

Di gadged yang sudah terkoneksi dengan jaringan internet akan dijumpai sumber dan bahan belajar bagi anak sekolah.

Materi pelajaran apa pun sudah tersedia di internet. Semua itu dijelajahi dengan berbagai peramban seperti Mozilla, Chrome, Yahoo dan lain sebagainya.

Jika siswa dapat memanfaatkan gawai ini untuk belajar tentu orangtua tidak sia-sia membelikan paket internet untuk anak.

Sumber tambahan uang jajan 

Selain dimanfaatkan sebagai sumber dan bahan belajar, gadget atau gawai bisa dijadikan sebagai wahana kreatifitas positif bagi siswa. Kenapa tidak?

Melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, TikTok dan lainnya. Siswa bisa berkreasi untuk menghasilkan uang tambahan jajan sendiri.

TikTok merupakan salah satu media sosial hiburan musik durasi pendek yang cukup populer saat ini. Video Tiktok (Viti) bisa dimonetisasi atau dijadikan sebagai penghasil uang.

Pengguna TikTok bisa mendapatkan uang dengan cara menjadi seller atau penjual langsung suatu produk di aplikasi Tiktok.

Ada lagi cara mendapatkan uang, yaitu bergabung menjadi affiliate TikTok. Nah, yang ini tidak memerlukan modal dan produk barang yang akan dipromosikan.

Tiktok sudah menyediakan TikTok Shop untuk pengguna yang sudah memenuhi syarat.

Jadi, jika ada kemauan anak maka gadget yang digenggaman bisa sebagai bahan dan sumber belajar bagi siswa bahkan menghasilkan uang tambahan jajan di sekolah.***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel