Tingkatkan Kemampuan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus, Mahasiswa Berikan Pelatihan

Tingkatkan kemampuan peserta didik berkebutuhan khusus, mahasiswa berikan pelatihan – Untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan peserta didik berkebutuhan khusus, mahasiswa PPG Prajabatan PLB UNESA memberikan pelatihan budidaya dan pengolahan tanaman kangkung di Desa Driyorejo, Gresik, Jawa Timur.

Mahasiswa PPG Prajabatan PLB UNESA (dok.pen/ Matrapendidikan.id)

Dalam proses pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus, tidak hanya terfokus pada pembelajaran akademik melainkan juga berfokus pada pembelajaran non akademik, seperti keterampilan vokasional.

Keterampilan vokasional merupakan keterampilan yang berkaitan dengan bidang pekerjaan tertentu dan menekankan pada praktek secara langsung guna menambah keterampilan peserta didik.

Salah satu program keterampilan vokasional yang dapat diterapkan bagi peserta didik berkebutuhan khusus adalah keterampilan bercocok tanam.

Mahasiswa berikan pelatihan budidaya kangkung di folybag (dok.pen/ Matrapendidikan.id)

Tujuan dari keterampilan bercocok tanam bagi peserta didik berkebutuhan khusus dapat menjadi bekal di masa depan untuk menunjang aktivitas dan kehidupan sehari-hari peserta didik.

Hasil panen dari tanaman kangkung tersebut dapat dijadikan olahan makanan yang nantinya dapat menjadi  bahan berwirausaha.

Program budidaya dan pengolahan tanaman kangkung bagi peserta didik berkebutuhan khusus berlangsung selama dua hari di SLB Harapan Mulya, pada hari Jumat, 12 Mei 2023 dan hari Selasa, 16 Mei 2023.

Program tersebut merupakan salah satu tugas pada mata kuliah proyek kepemimpinan yang diadakan oleh sembilan mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Jurusan Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Surabaya yang beranggotakan Mas Udin, Mbak Hayu, Mbak Dina, Mbak Farah, Mas Derry, Mbak Shofa, Mbak Adinda, dan Mbak Dian.

Program tersebut melibatkan berbagai elemen yaitu peserta didik berkebutuhan khusus, guru, wali murid, dan perwakilan dari masyarakat sekitar SLB Harapan Mulya Driyorejo.

Bu Nanik Nurkhasanah S.Pd selaku kepala sekolah SLB Harapan Mulya Driyorejo menyambut dengan baik program yang kami selenggarakan selama dua hari ke depan. 

Sebelum masuk pada praktek penanaman kangkung, para peserta didik diberikan materi terlebih dahulu oleh Moch. Baharudin Yusuf selaku ketua kegiatan dan mahasiswa PPG Prajabatan PLB Unesa untuk mendapatkan pengetahuan dasar mengenai bahan dan alat yang diperlukan, seperti pollybag, bibit kangkung, sekam, kompos, tanah dan pupuk serta cara penanaman bibit kangkung.

Peserta didik diberi pengetahuan mengenai cara bercocok tanam kangkung mulai dari tahapan awal penyemaian bibit, pencampuran media tanam, memasukkan media tanam kedalam polybag, penanaman bibit kangkung hingga proses penyiraman setelah ditanam. 

Media tanam yang digunakan berupa tanah, pupuk kompos dan sekam dimana peserta didik mencampurkan semua media tanam menggunakan tangan hingga tercampur dengan rata, tujuan mencampurkan media tanam secara langsung guna meningkatkan kemampuan motorik tangan peserta didik serta pembiasaan hidup bersih dengan mencuci tangan menggunakan sabun setelah kegiatan penanam berakhir.

Dalam pelaksanaan ini peserta didik memperhatikan betul proses penanaman, kemudian mereka berkesempatan untuk mempraktekkan proses penanaman bibit kangkung bersama-sama dengan pendampingan mahasiswa PPG Prajabatan PLB Unesa.

Peserta didik sangat berantusias sekali, tak jarang beberapa peserta didik sudah mampu mempraktikkan proses penanaman bibit kangkung secara mandiri, seperti peserta didik dengan hambatan tunarungu jenjang SMALB. Mereka cukup terampil dalam dalam kegiatan.

Program lain yang dilaksanakan di SLB Harapan Mulya Driyorejo adalah pengolahan tanaman kangkung berupa nugget kangkung dengan peserta kegiatan yaitu wali murid PDBK SLB Harapan Mulya.

Program tersebut bertujuan untuk mencari peluang usaha bagi wali murid yang memiliki minat dan bakat dalam bidang kewirausahaan, menambahkan wawasan keilmuan dan kemandirian serta kreativitas pengelolaan bahan makanan dengan memanfaatkan hasil panen budidaya tanaman kangkung yang ditanam oleh putra/putrinya.

Para peserta kegiatan mulai dari peserta didik, guru, walimurid, dan masyarakat sekitar SLB Harapan Mulya Driyorejo tampak antusias dan semangat selama mengikuti kegiatan mulai dari penyampaian materi, proses penanaman dan perawatan tanaman kangkung, hingga kegiatan akhir yaitu pengolahan tanaman kangkung dan pengemasan (packaging).

Hasil dari kegiatan tersebut akan dipamerkan di Universitas Negeri Surabaya pada tanggal 09 Juni 2023 yang diikuti oleh seluruh mahasiswa PPG Prajabatan UNESA dari berbagai jurusan.

Keberhasilan pelaksanaan program budidaya dan pengolahan tanaman kangkung tidak lepas dari dukungan penuh berbagai pihak, yaitu Bapak Prof. Dr. Sujarwanto, M.Pd selaku dosen pembimbing mata kuliah proyek kepemimpinan jurusan PLB Unesa, Ibu Nanik, S.Pd selaku Kepala Sekolah SLB Harapan Mulya Driyorejo beserta sleuruh guru SLB Harapan Mulya, peserta didik berkebutuhan khusus yang selalu semangat dan antusias, wali murid, dan warga sekitar SLB Harapan Mulya Driyorejo. 

Melalui pelaksanaan program dan pameran yang akan diadakan, mahasiswa PPG Prajabatan gelombang 1 jurusan PLB Unesa berharap dapat menunjukkan kepada masyarakat luas bahwa peserta didik berkebutuhan khusus memiliki potensi ditengah keterbatasan yang mereka miliki.

Besar harapan dengan pelatihan ini ada tindak lanjut dari sekolah dan masyarakat sekitar untuk mengembangkan pelatihan yang telah diberikan, sehingga mampu memberikan solusi dalam menciptakan lapangan kerja bagi ibu rumah tangga dan khususnya bagi peserta didik berkebutuhan khusus setelah lulus dari sekolah.*** (Penulis: Sri Rahayu, Mahasiswa PPG Prajabatan PLB UNESA)