5 Tips dan Cara Mengajar yang Disukai Murid

5 Tips dan cara mengajar yang disukai murid - Anda sedang mencari tips bagaimana cara menarik minat siswa untuk belajar? Jika anda berkunjung di laman situs ini akan kami bahas bagaimana tips menarik minat siswa serta cara mengajar yang disukai murid. 

Ilustrasi gambar (pixabay.com)


Menarik minat siswa untuk belajar memang tidak semudah membalik telapak tangan. Begitu pula menerapkan cara mengajar yang mungkin disukai oleh sebagian besar siswa di dalam ruang kelas. Namun perlu dipahami bahwa segala suatu pekerjaan profesional perlu usaha dan eksperimen berlanjut. 

Sehubungan dengan itu berikut tips dan cara praktis bagaimana mengajar yang disukai murid/siswa :

1.Pahami karakter murid

Setiap siswa di ruang kelas memiliki karakter yang berbeda. Perbedaan itu sangat lumrah karena mereka berasal dari keluarga dengan latar belakang berbeda. Perbedaan itu akan menyebabkan karakter dan potensi belajar yang berbeda pula.

Jika sudah mengetahui dan memahami karakter siswa tentulah guru memasang strategi mengajar yang mungkin sesuai dengan keadaan siswa tersebut.

Jangan paksakan kemauan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Yang dipikirkan adalah bagaimana mereka mau dan senang belajar dengan guru.

Disisi lain, pada umumnya siswa akan terdorong untuk mau belajar jika sesuai dengan keinginan dan kemampuannya. Artinya suasana belajar dapat memenuhi kebutuhannya.

Oleh sebab itu guru perlu memodifikasi program pembelajaran menjadi lebih sederhana dan ringan dalam pandangan siswa.

2.Menjadi guru friendly

Guru friendly menjadi cara terbaik bagi siswa di era informasi dan teknologi dewasa ini.

Istilah guru friendly merupakan suatu sikap bawaan (attitude) seorang guru yang ramah terhadap perangkat pembelajaran dan juga siswa.

Guru yang ramah bukan berarti tidak tegas dalam menerapkan aturan belajar. Justru ketegasan dalam mengajar perlu diterapkan.

Guru friendly mampu memberikan motivasi belajar dengan menciptakan suasana nyaman dan menggembirakan.

Sebaliknya guru friendly juga mampu memberikan sanksi dan hukuman kepada siswa yang melanggar aturan belajar.

3.Menguasai kelas

Tidak mungkin proses belajar berjalan lancar bila guru tidak menguasai kelas. Menguasai kelas dapat dilakukan dengan pandangan mata, telinga dan gerak tubuh.

Namun sebenarnya cara bicara dan mimik muka saat mengajar adalah salah satu kuncinya.

4.Gaya bicara

Mengajar merupakan proses penyampaian informasi kepada siswa. Informasi yang disampaikan guru secara langsung melalui interaksi langsung secara timbal-balik melalui ucapan dan gestur tubuh.

Informasi akan dapat diterima dengan baik bila disampaikan dengan nada dan intonasi yang baik.

5.Humor

Mengajar harus serius namun kalau tidak diselingi dengan suasana santai dan gembira akan menciptakan suasana monoton.

Guru yang disenangi siswa pastilah yang humoris meskipun materi pembelajaran yang disajikan rumit.

Memang, rasa humor seseorang tidak bisa dibuat-buat. Namun unsur humor perlu menyertai setiap pembelajaran agar suasana belajar disukai siswa.

Sudah disajikan 5 tips dan cara mengajar yang disenangi siswa serta menarik minat siswa untuk belajar.*** (Widya Manohara)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel