USU Bidik World Class University, Prodi Sosiologi Gelar Pelatihan Penulisan QS News

USU bidik world class university, prodi sosiologi gelar pelatihan penulisan qs news - Medan, Prodi Sosiologi Universitas Sumatera Utara melaksanakan pelatihan berupa workshop penulisan QS News di FISIP USU, Selasa (14/11/2003). Workshop ini diikuti oleh dosen, mahasiswa dan tenaga pendidik Prodi Sosiologi.

Pelatih menulis profesional, Dr Fotarisman Zaluchu sedang memberikan materi pelatihan dalam penulisan QS News di FISIP USU, Selasa (14/11/2023)


Saat membuka acara, Kepala Prodi Sosiologi Drs. T. Ilham Saladin M.Si menyatakan, kegiatan ini untuk mendongkrak pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Rektor USU.

Indikator yang berhubungan dengan pemberitaan di media internasional, apalagi yang dibuat oleh lembaga pemeringkat seperti QS sangat penting dicapai supaya USU memiliki reputasi global. Ini adalah pelatihan yang pertama sekali dilakukan di lingkungan USU.

Pelatihan ini dipandu oleh akademisi Prodi Antropologi USU, Dr. Fotarisman Zaluchu. Dalam pelatihan, ia menyampaikan bahwa QS News adalah tempat memberitakan kinerja dosen dan mahasiswa untuk dibaca oleh warga akademik di seluruh dunia.

Dengan memberitakan kiprah USU maka dosen akan meningkatkan reputasinya sekaligus membuat nama USU semakin dikenal.

Para peserta terlihat antusias mengikuti pelatihan. Saat pelatihan narasumber langsung memberikan contoh yang patut menjadi berita.

Narasumber menggunakan pendekatan penulisan berita melalui akronim Fokus, Orientasi, Tuliskan detail dan Akhiri. Dengan akronim itu, berita menjadi mudah dibuat. 

Sekretaris Prodi Sosiologi Dra. Linda Elida M.Si ketika menutup acara menyatakan, kegiatan ini akan difollow-up dengan menghasilkan berita-berita dari Prodi Sosiologi.

Ditargetkan bahwa sampai akhir tahun, Prodi Sosiologi akan mengirimkan setidak-tidaknya tiga berita ke QS News.

Peserta dosen dan mahasiswa menyatakan mereka termotivasi dengan mengikuti kegiatan ini. Peserta akan menyusun berita-berita kegiatan mereka dan akan membentuk peer-review antar dosen dan mahasiswa sehingga berita-berita yang dituliskan menjadi lebih terasah.

Di akhir pelatihan, Sekretaris Prodi Sosiologi Dra. Linda Elida M.Si juga menjelaskan bahwa Prodi Sosiologi akan terus menerus melakukan aktifitas untuk memberdayakan dosen, mahasiswa dan Tendik agar semakin berkembang dan meningkat kualitasnya. (*Dedy Pembelajar)