Api Unggun Perkemahan Pramuka, Ini 5 Makna Filisofisnya!

Api unggun perkemahan pramuka, ini 5 makna filosofinya! - Beberapa waktu lalu Gudep 10-689/10-690 UPT SMPN 2 Lintau Buo mengadakan kegiatan Persami (Perkemahan Sabtu Minggu) di bumi perkemahan gudep tersebut. Berbagai kegiatan dilaksanakan dalam Persami dan salah satunya adalah api unggun Dasa Darma Pramuka.

Api unggun perkemahan pramuka penegak (dok.smpn2lb/ Matrapendidikan.id)

"Api unggun bukan sembahan melainkan simbol bagaimana semangat dan jiwa dasa darma pramuka ada dalam diri setiap anggota pramuka penegak di gudep 689/690," ujar Kamabigus Gudep 689/690 UPT SMPN 2 Lintau Buo dalam prosesi api unggun Dasa Darma Pramuka.

Inilah 5 makna filosofis api unggun dalam kegiatan perkemahan pramuka penegak;

1.Cahaya api

Apu unggun bercahaya akan menerangi alam sekitarnya yang gelap gulita pada malam hari. Hal ini mengandung makna filosofis jiwa dan semangat dasa darma pramuka akan menerangi anggota pramuka dalam kehidupan sehari-hari.

2.Panas api

Api yang panas menjadi simbol kekuatan fisik dan jiwa anggota pramuka.

3.Kobaran api

Apu yang berkobar mengandung makna filosofis semangat membara dalam jiwa anggota pramuka dalam mengembangkan sikap dan perilaku positif.

4.Kayu api unggun 

Kayu sebagai bahan api unggun menjadi makna persatuan dan kekuatan para anggota pramuka.

Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh. Kayu api yang telah dikumpulkan harus membentuk satu kesatuan yang utuh. 

Anggota pramuka dalam mencari kayu yang siap dibakar tidak asal mencari kayu. Anggota pramuka perlu menjaga hubungan yang harmonis dengan alam tempat mereka mencari kayu.

5.Susunan kayu api

Api unggun berasal dari aneka macam kayu yang dikumpulkan bersama anggota pramuka yang dikumpulkan bersama. 

Semangat gotong-royong menjadi landasan saat mengumpulkan kayu api. Semangat gotong-royong menghasilkan suatu tumpukan kayu yang siap disulut dengan api.

Demikian 5 makna filosofis api unggun dalam perkemahan pramuka. Asik bukan? Semoga kegiatan kepramukaan menjadi hal mengasikkan bagi anggota pramuka.***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel