Siswa Kelas 9 UPT SMPN 2 Lintau Buo Ikuti Test ABM 2024

Siswa kelas 9 upt smpn 2 lintau buo ikuti test abm 2024 - Meski sempat mengalami hambatan teknis koneksi internet akhirnya siswa Kelas 9 UPT SMPN 2 Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar dapat mengikuti tes ABM (Asesmen Bakat dan Minat) Tahun 2024 secara Daring di ruang Laboratorium Komputer, Senin (26/02/24).

Siswa mengikuti test Asesmen Bakat dan Minat Tahun 2024 di Ruang Komputer SMPN 2 Lintau Buo (dok.smpb2lb/ Matrapendidikan.id)

"Alhamdulillah Asesmen Bakat Minat atau disingkat ABM Kelas 9 UPT SMPN 2 Lintau Buo berjalan lancar," ujar Syafrida SPd, Kepala SMPN 2 Lintau Buo kepada matrapendidikan.com.

Test moda CBT (Computerized Based Test) secara Daring tersebut berlangsung dua hari, Senin dan Selasa (26 dan 27 Februari 2024).

Pada awal mulai test terdapat kendala koneksi internet dengan komputer. Namun teknisi lapangan dari Telkom cepat ke lokasi sehingga siswa bisa memulai test setelah tertunda satu jam lebih.

Test ABM dalam waktu 2 jam, 30 menit dengan aspek kemampuan verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, mekanik, klerikal, dan penggunaan bahasa.

Tidak seperti pada tes prestasi akademik, soal-soal pada ABM menguji daya nalar, bukan kemampuan siswa pada mata pelajaran tertentu.

Siswa mengerjakan soal Asesmen Bakat sebanyak 140 butir yang menyangkut 7 aspek test ABM. Selanjutnya soal Asesmen Minat sebanyak 108 butir dengan waktu lebih singkat 30 menit.

Sementara itu tujuan test ABM seperti dibahas dalam artikel info sebelumnya adalah untuk memperoleh gambaran kemampuan siswa pada bidang khusus berdasar aspek yang diukur dan kesesuaian dengan minatnya.

Dengan hasil test ini pihak satuan pendidikan ataupun dunia kerja dapat merancang arah pengembangan diri secara jelas dan terarah.***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel